Sumber Energi Sukses Makmur bidik kontrak 100 MW PLTS di tahun ini



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Sumber Energi Sukses Makmur (SESM) tengah giat mengembangkan bisnis listrik energi terbarukan, khususnya melalui pembangunan dan pengoperasian Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Direktur Utama SESM Zulfian Mirza mengungkapkan, pada tahun ini pihaknya membidik sejumlah kontrak PLTS, baik yang lahan maupun atap. Zulfian bilang, total kapasitas PLTS yang ditargetkan bisa diraih dari sejumlah proyek itu mencapai 100 Megawatt (MW).

Baca Juga: PLTGU Jawa 2 manfaatkan teknologi ramah lingkungan

Kontrak pertama yang ditandatangani SESM adalah pembangunan dan pengoperasian PLTS Musi Green Hybrid berkapasitas 10,5 MW dengan PT Golden Blossom Sumatra, perusahaan perkebunan sawit di Sumatera Selatan. Kontrak tersebut diteken pada Kamis (27/2).

Zulfian menyebut, kapasitas PLTS yang bekerjasama dengan Golden Blossom ini akan bertambah secara bertahap hingga mencapai 20 MW. "Kontrak baru dengan Golden Blossom ini merupakan salah satu rangkaian proyek SESM untuk membangkitkan sekitar 100 MW listrik dari PLTS pada tahun ini," kata Zulfian saat dihubungi Kontan.co.id, Minggu (1/3).

Ia pun membeberkan sejumlah potensi PLTS yang tengah diincar oleh SESM, "Ada beberapa rencana proyek PLTS atap rumah dan PLTS lahan bekas tambang yang masih dalam tahap negosiasi," ungkapnya.

Baca Juga: Bukit Asam (PTBA) fokus Garap PLTU Sumsel 8 dan PLTU Feni

Sebaran potensi tersebut ialah PLTS di Toba, Sumatera Utara dengan potensi 40 MW, PLTS Rooftop Galangan Kapal di Batam sebesar 5 MW, dan PLTS rooftop yang tersebar di sejumlah wilayah dengan total potensi sekitar 20 MW.

Editor: Tendi Mahadi