SUN Terra Pasang PLTS Atap di Sekolah Strada Santa Anna



PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA (PLTS) - Penggunaan energi surya di kalangan masyarakat kian meningkat. Selain sejumlah industri transportasi, ritel, hingga otomotif rupanya  penerapan energi surya juga dilirik pelaku industri pendidikan. Salah satunya lembaga pendidikan Perkumpulan Strada via SMP Strada Santa Anna yang telah memasang sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dari SUN Terrra.

Selain pelopor, Lembaga Pendidikan Katolik yang berdiri sejak 1924 ini memilih untuk bekerja sama dengan SUN Terra sebagai konsultan dan instalator dalam memasang sistem PLTS Atap pada gedung utama sekolah SMP Strada Santa Anna.

Dengan kapasitas 21,84 kWp, energi mandiri yang dihasilkan dari sistem PLTS kemudian digunakan untuk berbagai kegiatan operasional di sekolah, termasuk perkantoran guru, ruang kelas, dan laboratorium praktik.


Chief Executive Officer SUN Terra, Fanda Soesilo mengapresiasi langkah Sekolah SMP Strada Santa Anna dalam percepatan transisi ke energi terbarukan.

Baca Juga: Tingkatkan Bauran Energi Terbarukan, SUNterra Pasang PLTS Atap di Perusahaan Plastik

"SUN Terra berharap bahwa semakin banyak institusi pendidikan yang mulai mempertimbangkan penggunaan energi terbarukan dalam operasional belajar mengajarnya sehingga dapat membangun budaya pentingnya energi baru terbarukan bagi Indonesia," ujar Fanda dalam keterangan yang diterima KONTAN, Kamis (1/6).

Dengan menggunakan energi bersih dari tenaga surya yang disediakan oleh SUN Terra, Fanda menilai Sekolah SMP Strada Santa Anna diharapkan dapat memangkas emisi karbon sebanyak 11 ton setiap tahunnya, atau setara dengan menyelamatkan 8.478 pohon selama 25 tahun.
 
Romo Odemus Bei Witono, SJ selaku Direktur Perkumpulan Strada mengungkapkan upaya yang dilakukan sekolah dalam pemasangan PLTS Atap merupakan tugas institusi pendidikan dalam menjaga bumi sebagai rumah bersama. "Oleh karena itu, saya sangat gembira dan bersyukur dengan instalasi PLTS Atap di salah satu sekolah kami. Ini adalah salah satu langkah penting yang kami ambil untuk memberikan pendidikan yang berkelanjutan dan berkontribusi positif bagi lingkungan sekitar," ungkap Romo Odemus.
 
Kepala Sekolah SMP Strada Santa Anna, Wahyu Prihono, juga menambahkan bahwa dengan menggunakan PLTS, sekolah dapat menjadi pusat pembelajaran bagi sekolah lain yang tertarik dengan penggunaan energi terbarukan. "Kami senang dan terbuka jika ada kunjungan dari sekolah lain yang ingin belajar cara kerja dan pemanfaatan sistem PLTS di sekolah kami," tutur Wahyu.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Jane Aprilyani