Superior Prima Sukses (BLES) akan Tambah Porsi untuk Proyek IKN Tahun Ini



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Superior Prima Sukses Tbk (BLES) berencana menambah porsi kiriman batu bata ringan untuk proyek pembangunan di Ibu Kota Negara (IKN).

BLES resmi melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Senin (8/7).

Produsen bata ringan AAC dengan brand Blesscon dan Superiore Block ini menawarkan 1,31 miliar saham dengan harga Rp 183 per saham. Ini setara dengan 15,05% dari modal ditempatkan dan disetor pasca IPO. 


Dengan jumlah saham dan harga yang ditawarkan, BLES meraup dana segar dari IPO sekitar Rp 240 miliar.

Baca Juga: Simak Rencana Bisnis Superior Prima Sukses (BLES) Usai IPO

Dana IPO ini rencananya akan digunakan untuk pengembangan usaha BLES, yaitu untuk belanja modal alias capital expenditure (capex) sekitar Rp 100 miliar yang akan digunakan untuk membeli kendaraan colt diesel dan big dump truck. Ini tujuannya agar pengiriman batu ke pelanggan bisa lebih lancar.

Sementara, sisanya akan digunakan untuk modal kerja alias working capital.

“Di luar itu, kami tetap ada dana operasional, cash flow, dan dana operasional yang bisa dialokasikan untuk investasi- investasi baru,” ujar Corporate Secretary BLES Andrew usai hajatan IPO, Senin (8/7). 

Direktur Komersial PT Superior Prima Sukses Tbk Henrianto mengatakan, BLES berencana menambah porsi kiriman batu bata ringan untuk proyek IKN di tahun 2024.

“Sebenarnya kami sudah suplai, tetapi memang belum terlalu besar. Kami masuk dari proyek-proyek yang tengah berjalan,” ujarnya dalam kesempatan yang sama.

Sayangnya, Henrianto belum menyampaikan besaran kiriman BLES ke IKN dan berapa target pertambahannya di tahun ini.

“Nilainya masih kecil, jauh dari pengiriman kami untuk Pulau Jawa,” tuturnya.

Baca Juga: IPO Superior Prima Sukses (BLES) Oversubscribe Sebanyak 80 X

BLES memproyeksikan akan dapat mencapai pertumbuhan penjualan bersih secara eksponensial sebesar 28% secara tahunan di tahun 2024 dan 36% secara tahunan di tahun 2025.

Sebagai gambaran, pada tahun 2023, BLES mencatat pertumbuhan penjualan bersih sebesar 22,2%.

Sementara, pertumbuhan laba bersih di tahun 2024 ditargetkan sekitar 10% secara tahunan.

Hingga bulan April 2024, BLES memiliki sekitar 15.000 pelanggan terdaftar. Perseroan menargetkan penambahan pelanggan menjadi 20.000-25.000 di akhir tahun 2024. Perusahaan besar yang jadi pelanggan BLES salah satunya adalah PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi