Survei BI: Keyakinan Konsumen Tercatat Turun Pada September 2024



KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Keyakinan konsumen pada September 2024 tercatat menurun. Hasil survei konsumen Bank Indonesia (BI) menunjukkan, indeks keyakinan konsumen (IKK) September 2024 sebesar 123,5, turun bila dibandingkan bulan sebelumnya yang mencapai 124,4.

Meski menurun, Direktur Eksekutif Ramdan Denny Prakoso menyampaikan, survei konsumen tersebut masih mengindikasikan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi yang tetap terjaga.

Tetap terjaganya keyakinan konsumen pada September 2024 ditopang oleh Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) yang berada pada level optimis.


Baca Juga: Ini Kata Ekonom BCA Soal Indeks Keyakinan Konsumen Menurun pada September 2024

“IKE tetap terjaga terutama didorong oleh Indeks Ketersediaan Lapangan Kerja. Sementara itu, IEK tetap terjaga didorong oleh optimisme pada seluruh komponen pembentuknya,” tutur Denny dalam keterangan tertulisnya, Rabu (9/10).

Adapun IKE pada September tercatat sebesar 113,9 atau turun bila dibandingkan bulan sebelumnya yang sebesar 114,0. Sedangkan IEK tercatat sebesar 133,1, atau turun bila dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang tercatat sebesar 134,9.

Pada September 2024 keyakinan konsumen terpantau tetap optimistis pada seluruh kategori pengeluaran. Peningkatan IKK tercatat pada responden dengan pengeluaran Rp 3,1 juta–Rp 4 juta.

 Berdasarkan usia, IKK meningkat pada kelompok usia 31-40 tahun dan di atas 60 tahun. Secara spasial, IKK meningkat di sebagian kota yang disurvei, tertinggi di Kota Medan sebesar 9,0 poin, diikuti Denpasar 5,8 poin dan Surabaya 3,6 poin.

Selanjutnya: Ketergantungan Warga Terhadap QRIS Semakin Tinggi, Sosialisasi Perlu Dimaksimalkan

Menarik Dibaca: Promo Kartu Kredit Mandiri di Hachi Group All You Can Eat, Diskon 20%

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati