KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Pertumbuhan perdagangan online terutama selama pandemi menjadi momentum tersendiri bagi para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang berjualan di marketplace. Selain bisa memperluas jangkauan produk lewat kanal digital, UMKM lokal juga bisa menambah omzet. Hasil survei Katadata Insight Center (KIC) menempatkan Shopee sebagai platform penyumbang omzet terbesar yang membantu usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) bertahan selama pandemi. Selain itu, Shopee juga menjadi platform pilihan UMKM karena unggul dari sisi program promo hingga faktor keamanan transaksi. Rilis survei Katadata Insight Center (KIC) berjudul "MSME Study Report 2021: Peran Marketplace bagi UMKM", menyebutkan 57% UMKM menjawab Shopee sebagai platform yang mendatangkan omzet atau nilai penjualan terbesar. Di peringkat kedua, Tokopedia 28%, Lazada 6%, Bukalapak 3%, Blibli 2% dan 3% dari marketplace lainnya.
Survei KIC: Jadi Penyuumbang Omzet Terbesar UMKM, Shopee Ungguli Tokopedia
KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Pertumbuhan perdagangan online terutama selama pandemi menjadi momentum tersendiri bagi para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang berjualan di marketplace. Selain bisa memperluas jangkauan produk lewat kanal digital, UMKM lokal juga bisa menambah omzet. Hasil survei Katadata Insight Center (KIC) menempatkan Shopee sebagai platform penyumbang omzet terbesar yang membantu usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) bertahan selama pandemi. Selain itu, Shopee juga menjadi platform pilihan UMKM karena unggul dari sisi program promo hingga faktor keamanan transaksi. Rilis survei Katadata Insight Center (KIC) berjudul "MSME Study Report 2021: Peran Marketplace bagi UMKM", menyebutkan 57% UMKM menjawab Shopee sebagai platform yang mendatangkan omzet atau nilai penjualan terbesar. Di peringkat kedua, Tokopedia 28%, Lazada 6%, Bukalapak 3%, Blibli 2% dan 3% dari marketplace lainnya.