Survei Konsumen DRI: Konsumen semakin pesimistis pada Juli 2020



KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Konsumen nampak semakin pesimistis pada Juli 2020. Berdasarkan survei Danareksa Research Institute (DRI), Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada bulan lalu sebesar 71,4 alias menurun 1,8% mom dari bulan sebelumnya yang sebesar 72,6.

"IKK masih menurun meskipun pembatasan sosial berskala besar (PSBB) sudah mulai dilonggarkan oleh pemerintah. Ini menunjukkan dampak Covid-19 sangat masif karena IKK turun terus bahkan dari April 2020," ujar Head of Economic Research DRI Moekti P. Soejachmoen kepada Kontan.co.id, Selasa (4/8).

Baca Juga: Danareksa Research Institute prediksi ekonomi kuartal II 2020 terkontraksi 3,58%

Penurunan ini juga didorong oleh penurunan dua komponennya, yaitu Indeks Kondisi Ekonomi (IKE) dan Indeks Ekspektasi Kondisi Ekonomi (IEK). IKE saat ini turun 2,4% mom ke 35,9 dan IEK turun 1,6% mom ke 97,9.

Konsumen menjadi semakin khawatir terhadap kondisi perekonomian domestik saat ini, terlebih dengan kondisi ketersediaan lapangan pekerjaan.Sebanyak 57,31% konsumen menunjukkan kekhawatirannya terhadap kelangkaan pekerjaan dan jumlahnya lebih tinggi dari 55,36% di bulan lalu.

Sebanyak 46,11% konsumen juga khawatir terhadap peningkatan harga pangan. Ini lebih tinggi dari bulan sebelumnya yang sebesar 41,2%.

Baca Juga: Sri Mulyani harap pemulihan ekonomi bisa terjadi di kuartal III

Pada saat yang sama, konsumen juga khawatir akan adanya pemutusan hubungan kerja dan khawatir terhadap kurang ekspansinya industri pengolahan.

Editor: Noverius Laoli