Survei LSI: Elektabilitas Pramono-Rano Lebih Unggul dari RK-Suswono di Oktober 2024



KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Survei terbaru yang dirilis Lembaga Survei Indonesia (LSI) menyatakan, tingkat elektabilitas calon gubernur (cagub) dan wakil gubernur (cawagub) Jakarta nomor urut 3 Pramono Anung-Rano Karno lebih unggul dibanding paslon nomor urut 1 Ridwan Kamil (RK)- Suswono pada bulan Oktober 2024. 

Survei tersebut dilakukan LSI pada 10-17 Oktober 2024 dan baru dirilis hari ini, Rabu (23/10/2024). 

"Untuk sementara pada Oktober ini, Pram-Rano sudah unggul meski keunggulannya belum signifikan karena selisihnya kan cuma sekitar 4 persen," ucap Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan, dalam rilis temuan survei Pilkada Jakarta yang digelar melalui Zoom, Rabu. 


Baca Juga: Ridwan Kamil Ungkap Solusi Membereskan Permasalahan di Jakarta

Berdasarkan survei itu, tingkat elektabilitas Pramono-Rano naik menjadi 41,6% dibandingkan bulan sebelumnya, 36,5%. Sementara RK-Suswono yang tadinya 48,3%, di bulan ini menurun menjadi 37,4%. 

Sedangkan perolehan elektabilitas Dharma Poengrekun-Kun Wardana cenderung stagnan dari 5,6% menjadi 6,6%. 

Meski Pramono-Rano cenderung lebih unggul, Djayadi mengatakan, RK-Suswono juga masih tak kalah kuat. 

"Secara statistik Ridwan Kamil dan Pramono Anung masih sama-sama kuat. Meski, angka absolutnya menunjukan keunggulan untuk Pramono Anung," kata dia. 

Baca Juga: Pramono Anung Janjikan Job Fair Setiap 3 Bulan Jika Menangi Pilkada Jakarta

Untuk diketahui, survei yang dilakukan LSI pada 10-17 Oktober 2024 ini menggunakan sample sebanyak 1.200 orang yang diambil dengan menggunakan metode multistage dengan toleransi kesalahan atau margin of error 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%, dengan cara simple random sampling.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Survei LSI: Elektabilitas Pramono-Rano Unggul Dibanding RK-Suswono Bulan Ini", Klik untuk baca: https://megapolitan.kompas.com/read/2024/10/23/15074951/survei-lsi-elektabilitas-pramono-rano-unggul-dibanding-rk-suswono-bulan.

Selanjutnya: BRI Danareksa Sekuritas Pertahankan Rating Buy ACES, Simak Ulasannya

Menarik Dibaca: Daya Beli Kelas Menengah Melamban, Tapi Pengeluaran Makan di Luar Tetap Berjalan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli