KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Hasil survei Mandiri Institute Edisi 6 April 2025 mencatat, belanja masyarakat pada libur Idulfitri 2025 lebih terbatas. Belanja masyarakat di Ramadan 2025 mencapai puncak hanya di minggu keempat saja, kemudian melambat di libur Idulfitri. “Hal ini berbeda dari pola tahun-tahun sebelumnya dimana puncak belanja terjadi di periode libur Idulfitri. Hal ini juga menandakan aktivitas mudik dan liburan Ramadan 2025 lebih terbatas,” demikian laporan tersebut, Selasa (15/4). Secara keseluruhan, pertumbuhan belanja di Ramadan dan libur Idulfitri di 2025 terhadap belanja di pra-Ramadan mencapai 11,2%, lebih rendah dibanding periode sama di 2024 yang tumbuh 12,1%.
Survei Mandiri Institute: Masyarakat Mengerem Belanja Pada Libur Lebaran 2025
KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Hasil survei Mandiri Institute Edisi 6 April 2025 mencatat, belanja masyarakat pada libur Idulfitri 2025 lebih terbatas. Belanja masyarakat di Ramadan 2025 mencapai puncak hanya di minggu keempat saja, kemudian melambat di libur Idulfitri. “Hal ini berbeda dari pola tahun-tahun sebelumnya dimana puncak belanja terjadi di periode libur Idulfitri. Hal ini juga menandakan aktivitas mudik dan liburan Ramadan 2025 lebih terbatas,” demikian laporan tersebut, Selasa (15/4). Secara keseluruhan, pertumbuhan belanja di Ramadan dan libur Idulfitri di 2025 terhadap belanja di pra-Ramadan mencapai 11,2%, lebih rendah dibanding periode sama di 2024 yang tumbuh 12,1%.