SINGAPURA. Tingkat kepercayaan konsumen di Asia Pasifik melonjak tajam. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh MasterCar yakni dalam MasterIndex of Consumer Confidence menunjukkan, pada semester II 2009 mengalami kenaikan yang sangat tinggi. Survei Kepercayaan Konsumen MasterIndex yang dirilis Rabu (16/12) menunjukkan kerpecayaan konsumen di Asia-Pacific melonjak menjadi 66.3 poin. Padahal pada Semester I 2009 yang lalu, indeks kepercayaan konsumen hanya 38.7 poin. Angka mendekati 0 poin berarti tingkat kepercayaan konsumen makin pesimistis, sedangkan angka level optimistis adalah 100 poin. Lonjakan kepercayaan hampir merata di seluruh wilayah yang disurvei. Misalnya Indeks kepercayaan konsumen di Indonesia, kalau semester I 2009 lalu hanya 49,2 poin. semester II ini melonjak jadi 67 poin.
Survei MasterCard : Keyakinan Konsumen Asia Pasifik Naik Tajam
SINGAPURA. Tingkat kepercayaan konsumen di Asia Pasifik melonjak tajam. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh MasterCar yakni dalam MasterIndex of Consumer Confidence menunjukkan, pada semester II 2009 mengalami kenaikan yang sangat tinggi. Survei Kepercayaan Konsumen MasterIndex yang dirilis Rabu (16/12) menunjukkan kerpecayaan konsumen di Asia-Pacific melonjak menjadi 66.3 poin. Padahal pada Semester I 2009 yang lalu, indeks kepercayaan konsumen hanya 38.7 poin. Angka mendekati 0 poin berarti tingkat kepercayaan konsumen makin pesimistis, sedangkan angka level optimistis adalah 100 poin. Lonjakan kepercayaan hampir merata di seluruh wilayah yang disurvei. Misalnya Indeks kepercayaan konsumen di Indonesia, kalau semester I 2009 lalu hanya 49,2 poin. semester II ini melonjak jadi 67 poin.