JAKARTA. Kendati pengetahuan keuangan masyarakat Indonesia makin baik, tapi pada kenyataannya masih banyak masyarakat yang menempatkan dana tunai mereka di produk simpanan, seperti tabungan dan deposito. Tak heran, meskipun Citi Fin-Q survey melansir, skor literasi keuangan di Indonesia naik menjadi 60,7 poin di 2013 lalu, hanya 36% masyarakat Indonesia yang membuat anggaran. Sementara, meski literasi keuangan di Filipina lebih rendah, yakni 54,7 poin, sebanyak 39% masyarakatnya mematuhi anggaran yang mereka buat. “Meski pengetahuan keuangan masyarakat Indonesia tumbuh semakin baik, tidak serta merta diikuti dengan keputusannya berinvestasi,” ujar Ivan Jaya, Retail Bank Segment Marketing Head Citi ditemui KONTAN, Selasa (25/2).
Survei: Masyarakat dominan simpan dana tunai
JAKARTA. Kendati pengetahuan keuangan masyarakat Indonesia makin baik, tapi pada kenyataannya masih banyak masyarakat yang menempatkan dana tunai mereka di produk simpanan, seperti tabungan dan deposito. Tak heran, meskipun Citi Fin-Q survey melansir, skor literasi keuangan di Indonesia naik menjadi 60,7 poin di 2013 lalu, hanya 36% masyarakat Indonesia yang membuat anggaran. Sementara, meski literasi keuangan di Filipina lebih rendah, yakni 54,7 poin, sebanyak 39% masyarakatnya mematuhi anggaran yang mereka buat. “Meski pengetahuan keuangan masyarakat Indonesia tumbuh semakin baik, tidak serta merta diikuti dengan keputusannya berinvestasi,” ujar Ivan Jaya, Retail Bank Segment Marketing Head Citi ditemui KONTAN, Selasa (25/2).