Suspensi saham Dewata Freightinternational (DEAL) dibuka hari ini



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bursa Efek Indonesia membuka suspend perdagangan saham PT Dewata Freightinternational Tbk (DEAL) dan waran DEAL-W. BEI menghentikan perdagangan saham dan waran DEAL sejak Jumat lalu.

"Suspensi atas perdagangan saham dan waran seri I Dewata Freightinternational (DEAL & DEAL-W) di pasar reguler dan pasar tunai dibuka kembali mulai perdagangan sesi I tanggal 26 November 2019," ungkap BEI dalam pengumuman bursa, Senin (25/11).

Baca Juga: Volume transaksi bursa merosot 47%, makin banyak saham bergerak di luar kebiasaan

BEI menyetop perdagangan saham DEAL sejak Jumat lalu karena penurunan harga kumulatif yang signifikan. Pada perdagangan terakhir, Kamis (21/11), harga saham DEAL turun 25% ke Rp 366 per saham. Ini adalah harga terendah saham DEAL sejak 22 November tahun lalu.

Harga saham DEAL terus turun setelah menyentuh rekor tetinggi Rp 2.090 per saham sejak IPO pada 9 November 2018. Dalam delapan hari perdagangan berturut-turut, harga saham DEAL mengakumulasi penurunan 82,48%.

Baca Juga: Masuk UMA, saham Dewata Freightinternational (DEAL) masih mentok auto reject bawah

Perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengurusan transportasi, termasuk trucking, ekspor/impor, pergudagangan, perbaikan dan perawatan, kontainer, pengangkutan alat berat dan jasa pelabuhan kepabeanan ini mencatat penurunan pendapatan pada sembilan bulan pertama 2019. Pendapatan Dewata Freight mencapai Rp 129,56 miliar, turun 24,90% secara tahunan ketimbang periode Januari-September 2018.

Tapi, laba bersih DEAL naik 23,08% ke Rp 1,92 miliar dari sebelumnya Rp 1,56 miliar. Kenaikan laba ini disebabkan oleh penurunan beban penjualan dan beban bunga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati