SUV 4x4 ikut bersaing berebut pasar SUV premium



Pasar sport utility vehicle (SUV) kelas premium dengan sistem penggerak empat roda kian ramai. Meski ceruk pasar tidak besar, agen tunggal pemegang merek (ATPM) giat berlomba meluncurkan produk baru.

Lihat saja, pertengahan pekan lalu, Chrysler Indonesia meluncurkan The All New Jeep Grand Cherokee. Produk baru tersebut terdiri dari dua varian, yakni Limited Edition dengan mesin berkapasitas 3.604 cc dan Overland dengan daya mesin 5.654 cc.

Rieva Muchsin, General Manager Chrysler Indonesia, berharap, kedua produk baru tersebut dapat semakin meramaikan pasar SUV 4x4 premium di Indonesia. "Kami menargetkan, penjualan bisa mencapai 100 unit di tahun ini," ujar Rieva.


Meski baru seminggu diluncurkan, minat konsumen terhadap All New Jeep Grand Cherokee terasa hangat. Maklum saja, penggemar kendaraan gagah dengan merek Jeep di Indonesia memang tidak sedikit. Menurut Rieva, banyak pula orang memiliki kenangan terhadap Jeep. Maka, "Baru seminggu meluncur, sudah ada beberapa unit yang dipesan oleh konsumen," ujar Rieva tanpa mau memerinci berapa jumlah yang sudah dipesan.

Prospek cerah

Pasar SUV 4x4 premium memang terus berkembang lantaran kemampuan dan fasilitas yang ditawarkan. Ya, tidak mengherankan, kendaraan ini biasanya menggunakan sistem full time 4WD ataupun all wheel drive (AWD). Alhasil, SUV ini mampu melibas segala medan. Meski begitu, dia tetap stabil digunakan untuk pemakaian sehari-hari di jalan raya.

Sebagai kendaraan kelas premium, SUV 4x4 di segmen ini jelas mengutamakan kenyamanan bagi para penumpang. Fasilitas kelas wahid pun bisa diperoleh pemilik layaknya mengendarai sedan mewah. "Karena itu, prospek kendaraan ini ke depan bakal semakin bagus," ujar General Manager Lexus Indonesia Adrian Tirtajaya.

Menurut Adrian, Lexus mengandalkan produk LX570 dan RX350 untuk mencuil kue di pasar ini. Sepanjang tahun lalu, Lexus LX570 terjual sebanyak 150 unit, sementara Lexus RX350 laku sebanyak 140 unit.

Tahun ini, Lexus Indonesia menargetkan penjualan kedua produknya itu sebanyak 350 unit. Sekarang saja, "Pesanan kedua produk tersebut sudah menumpuk sebanyak 130 unit, dan baru bisa terkirim pada Mei dan Juni 2011 mendatang," imbuh Adrian.

Pemain lain di pasar ini adalah BMW yang mengandalkan BMW seri X5. Helena Abidin, Corporate Communication Director BMW Indonesia, menuturkan bahwa pasar SUV premium di Indonesia lumayan bagus. Kalangan peminatnya pun cukup banyak, terutama dari kalangan pengusaha dan pebisnis. Sepanjang 2010, misalnya, penjualan BMW X5 mencapai sebanyak 122 unit.

Sayang, Helena enggan memberi informasi berapa target penjualan BMW X5 tahun ini. Yang jelas, ia berharap, penjualan SUV premium tahun ini melebihi angka penjualan tahun lalu. Apalagi, bulan depan, pihaknya bakal meluncurkan produk baru di kelas ini, yakni facelift dari BMW X3.

Sementara itu, Mercedes-Benz memiliki Mercedes-Benz seri M Class dan G Class di kelas ini. Yang menjadi andalan adalah Mercedes-Benz GL Class. Hanya, penjualan produk andalan ini tidak terlalu banyak. "Penjualan GL Class setahun lalu tidak sampai 100 unit, karena penjualan kendaraan ini memang berdasarkan pesanan," ujar Deputy Marketing Director Mercedez-Bens Indonesia Yuniadi Hartono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Test Test