Suzuki Incar Pangsa Pasar Mobil di Indonesia Sebesar 11,6% pada Tahun Ini



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) berupaya meningkatkan kinerjanya di sektor otomotif pada tahun 2022. Sukma Dewi, Asst. To 4W Sales Department Head SIS menyampaikan, di tahun ini pihaknya menargetkan pangsa pasar (market share) mobil Suzuki sebesar 11,6% dari total pangsa pasar industri otomotif Indonesia.

Maka dari itu, Suzuki menggencarkan berbagai penerapan strategi untuk menstimulus penjualan mobil di tahun ini. Di antaranya adalah program penjualan Suzuki Bonus Suzuki yang berlangsung di awal tahun ini dan kampanye test drive kepada para konsumen.

“Kami juga meningkatkan kerja sama dengan perusahaan leasing dan program promosi regional,” imbuh Sukma Dewi, Kamis (13/1).


Baca Juga: Penjualan Ritel Daihatsu Tahun Lalu Tembus 151 Ribu Unit

Adapun pada tahun 2021, penjualan mobil Suzuki meningkat secara tahunan baik di kategori wholesales (pabrik ke dealer) maupun retail (dealer ke konsumen). Peningkatan penjualan wholesales Suzuki tercatat sebesar 39%, sedangkan penjualan retail naik 24% di tahun lalu.

Berdasarkan data Gaikindo, penjualan wholesales Suzuki di periode Januari-Desember 2021 berada di level 91.973 unit dengan pangsa pasar 10,3%. Sementara itu, penjualan retail Suzuki di periode yang sama mencapai 89.956 unit dengan pangsa pasar 10,4%.

Sukma Dewi menyebut, model mobil dengan kontribusi penjualan tertinggi bagi Suzuki adalah New Carry Pick Up. “Model ini sangat diterima oleh konsumen Indonesia baik dari sisi kualitas, harga, maupun fungsi,” pungkas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi