Suzuki Optimistis Penjualan Mobil Tetap Melaju hingga Akhir Tahun



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) meyakini penjualan mobilnya bisa kembali meningkat sampai akhir 2023.

Mengutip data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan wholesales Suzuki pada Januari-Oktober mengalami penurunan 7,93% year on year (YoY) menjadi 66.530 unit. Pada saat yang sama, penjualan retail Suzuki juga menyusut 4,92% YoY menjadi 67.652 unit.

Secara bulanan, penjualan wholesales Suzuki turun 7,87% month to month (MtM) menjadi 5.990 unit pada Oktober 2023. Sebaliknya, penjualan retail Suzuki naik 6,15% MtM menjadi 6.732 unit pada Oktober 2023.


Harold Donnel, 4W Marketing Director Suzuki Indomobil Sales menyampaikan, kontributor terbesar penjualan Suzuki datang dari model New Carry dengan penjualan 37.080 unit atau setara 55% dari total penjualan Suzuki pada Januari-Oktober 2023. Khusus bulan Oktober, penjualan New Carry mampu tumbuh 25% dibandingkan bulan sebelumnya.

Baca Juga: Gaikindo Berharap Penjualan Mobil Nasional Kembali Membaik di Sisa 2023

Konsumen pengguna New Carry selain berasal dari Jabodetabek, juga didominasi oleh daerah lain seperti Sumatera, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Mayoritas konsumen New Carry merupakan pengusaha kecil dan menengah yang bergerak di sektor perkebunan, batubara, pertanian, industri olahan, perdagangan, dan jasa.

Dari situ, Suzuki melihat bahwa tren penjualan kendaraan niaganya tampak lebih baik dibandingkan bulan-bulan terdahulu. 

“Kami melihat adanya pergerakan positif pada pasar dari aksi pembelian mobil untuk keperluan usaha tersebut,” ujar dia, Senin (13/11).

Suzuki tetap optimistis bisa kembali meningkatkan kinerja penjualan mobil dalam dua bulan terakhir 2023. Maka dari itu, Suzuki bakal tetap menjalankan agenda korporat serta penjualan hingga akhir tahun, salah satunya dengan menghadirkan kampanye promo penjualan bertajuk Rezeki Carry selama bulan November hingga Desember 2023.

Baca Juga: BMW Astra Sebut Penjualan Mobil Mewah Tetap Stabil Meski Pasar Otomotif Melambat

Kegiatan kampanye ini menyasar ke calon konsumen dengan cara “grebek pasar” untuk memperkenalkan New Carry secara langsung. Selain itu, Suzuki juga menjalankan program Kabar Wirausahawan di mana calon konsumen New Carry akan diundang untuk mengikuti rangkaian kegiatan yang sudah disediakan.

“Para calon konsumen New Carry akan mendapat keuntungan seperti subsidi harga pembelian kendaraan yang sangat menarik,” tandas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi