Tahun 2014, ekonomi Inggris melaju 2,6%



LONDON. Ekonomi Inggris mencatat pelambatan ekonomi di akhir kuartal tahun lalu. Kondisi ini diyakini menjadi pertimbangan bank sentral Inggris untuk mempertahankan bunga acuan di level rendah.

Sepanjang kuartal IV (Oktober-Desember), ekonomi Inggris melaju 0,5% dibanding setahun sebelumnya. Ini merupakan laju ekonomi kuartalan Inggris paling lamban sepanjang tahun lalu. Pada kuartal III, produk domestik bruto (PDB) Inggris naik 0,7% year on year.

"Meskipun begitu, terlalu dini jika mengatakan ekonomi Inggris mengalami pelambatan." kata Joe Grice, Kepala Ekonom di Kantor Statistik Nasional (ONS), hari ini, Selasa (27/1).


Pasalnya, permintaan domestik Inggris masih terlihat sehat. Sektor jasa, yang salah satu komponennya adalah retail, tumbuh 0,8% dan menyumbang 0,6 persen poin pada PDB Inggris.

Sepanjang tahun 2014, ekonomi Inggris melaju 2,6%. Ini merupakan pertumbuhan terkencang dalam 7 tahun terakhir, menurut ONS.

International Monetary Fund (IMF) memperkirakan, ekonomi Inggris akan melaju 2,7% tahun ini, dan menjadi ekonomi dengan laju tercepat di antara 7 negara maju, setelah Amerika Serikat.

Editor: Sanny Cicilia