KONTAN.CO.ID - Banyak pencari kerja yang memiliki resolusi di tahun baru 2024 untuk mendapatkan pekerjaan baru. Agar bisa terwujud, Anda bisa mulai mempersiapkan dan memperbaiki curriculum vitae (CV) untuk melamar kerja. Agar lamaran Anda dilirik HRD, ada hal-hal yang harus diperhatikan. Tata cara melamar yang baik bisa meningkatkan kesempatan Anda lolos ke tahap selanjutnya. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) memberikan tips mengenai cara melamar pekerjaan yang baik.
Kualitas isi CV
Kualitas isi CV juga mempengaruhi kesempatan untuk dipanggil ke tahap selanjutnya. Gunakan format CV yang sesuai dengan posisi yang diambil. Gunakan font yang jelas dan tidak berlebihan. Font Serif bisa jadi contoh font formal atau Sans Serif untuk non formal. Jangan lupa berikan detail informasi yang sesuai dengan posisi yang dilamar. Cantumkan informasi yang sebenar-benarnya dan tidak berlebihan.Menggunakan format PDF
Masih banyak pelamar kerja yang mengirim file dalam bentuk Ms. Word atau format lainnya. File dalam bentuk Ms. Word atau jpg kadang menyulitkan HRD saat melakukan pengecekan data. File tersebut kadang tidak rapi sehingga membuat HRD kesulitan membacanya. File PDF bisa dibuka di perangkat apapun tanpa mengubah format file. Sehingga memudahkan recruiter dalam mengecek dokumen. Saat akan mengirimkan dokumen apa pun jangan lupa ubah dulu formatnya ke PDF. Ada banyak aplikasi atau website penyedia layanan pengubah format ke PDF. Kebanyakan layanan tersebut gratis dan bisa diatur ukuran filenya.Menyatukan semua dokumen dalam satu file PDF
Ada beberapa lowongan kerja yang membutuhkan banyak dokumen. Kebanyakan dokumen tersebut adalah sertifikat keahlian. Jika dikirimkan tanpa dijadikan satu, akan memakan banyak memori. Bagian personalia juga kerepotan saat mengunduh dokumen Anda. Sebelum dikirim jadikan satu semua dokumen persyaratan. Setelah disatukan jangan lupa ubah format dalam bentuk PDF. Baca Juga: Tahun Baru 2024, Ini Jadwal Lengkap Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun IniMengisi badan email
Banyak pelamar kerja yang belum paham cara melamar pekerjaan lewat email. Tidak sedikit yang asal mengirim email dan dokumen tanpa mengisi badan email. Mengisi body email bisa menjadi "perkenalan" singkat Anda ke perusahaan. Ceritakan dimana Anda mendapat informasi lowongan kerja hingga pengalaman kerja Anda. Gunakan bahasa yang santun dan tidak disingkat. Jika dibutuhkan, Anda bisa menggunakan bahasa Inggris saat menulis di badan email.Melamar di tempat dan waktu yang tepat
Selain datang ke job fair, fresh graduate bisa menggunakan metode di bawah ini saat melamar kerja:- Melamar melalui situs online terpercaya.
- Membangun networking lebih penting dari sebelumnya.
- Bersikap ekstra responsif.
- Selalu siap untuk wawancara virtual.