JAKARTA. Permintaan layanan konsumen berstandar tinggi yang terus meningkat membuat bisnis call center menggeliat. Seiring bertumbuhnya pasar pengguna layanan ini, jumlah penyedia jasa call centre pun terus bertambah. Tahun ini, pasar bisnis ini mencapai Rp 100 miliar per bulan. Andi Anugrah, Ketua Indonesia Contact Center Association (ICCA), memprediksi, pasar bisnis ini akan terus bertumbuh tahun depan. "Prospek bagus membuat bisnis ini tumbuh 10%-20% per tahun," katanya (10/12). Pertumbuhan bisnis penyedia layanan konsumen ini juga berdampak pada terbukanya lapangan pekerjaan. Saat ini, bisnis call center sudah menyerap 50.000 tenaga kerja kontrak alias outsource.
Tahun depan, bisnis call center naik 20%
JAKARTA. Permintaan layanan konsumen berstandar tinggi yang terus meningkat membuat bisnis call center menggeliat. Seiring bertumbuhnya pasar pengguna layanan ini, jumlah penyedia jasa call centre pun terus bertambah. Tahun ini, pasar bisnis ini mencapai Rp 100 miliar per bulan. Andi Anugrah, Ketua Indonesia Contact Center Association (ICCA), memprediksi, pasar bisnis ini akan terus bertumbuh tahun depan. "Prospek bagus membuat bisnis ini tumbuh 10%-20% per tahun," katanya (10/12). Pertumbuhan bisnis penyedia layanan konsumen ini juga berdampak pada terbukanya lapangan pekerjaan. Saat ini, bisnis call center sudah menyerap 50.000 tenaga kerja kontrak alias outsource.