Tahun Ini, Badan Bank Tanah Menargetkan Tambahan Aset hingga 35.000 Hektare



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Badan Bank Tanah menargetkan bisa menambah aset persediaan tanah menjadi total 35.000 hektaree hingga akhir tahun 2024.

Kepala Badan Pelaksana Badan Bank Tanah Parman Nataatmadja mengatakan, saat ini Badan Bank Tanah memiliki aset persediaan tanah seluas 20.000 hektaree yang tersebar di 30 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Prabowo Berencana Pangkas Pajak Properti 16%, Begini Respons Bankir


"Sekarang masih sangat kecil sekitar 20.000-an hektare, tapi Insya Allah bisa tercapai sampai 35.000 hektare pada tahun ini di tahun ketiga Badan Bank Tanah berdiri," ujar Parman, Selasa (15/10/2024).

Ada pun aset persediaan tanah yang dikelola Badan Bank Tanah diperoleh melalui tanah hasil penetapan pemerintah dan/atau tanah dari pihak lain.

Parman menjelaskan bahwa Presiden terpilih Prabowo Subianto belum secara khusus memberikan arahan atau persiapan transisi kepada Badan Bank Tanah.

Baca Juga: Prospek Kinerja Emiten Semen Dibayangi Kelebihan Pasokan

Namun demikian, Parman menegaskan bahwa Badan Bank Tanah sangat diperlukan untuk melengkapi fungsi pemerintah di bidang manajemen lahan dan menjamin ketersediaan lahan untuk proyek pembangunan.

"Insya Allah nanti Presiden terpilih jauh lebih besar targetnya," lanjut Parman.

Badan Bank Tanah juga memiliki andil besar dalam menyiapkan lahan pembangunan Bandara VVIP IKN.

Bahkan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang juga Plt. Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Basuki Hadimuljono mengapresiasi Badan Bank Tanah dalam percepatan penyediaan lahan untuk Bandara VVIP IKN.

Baca Juga: Rencana Prabowo: Insentif Pajak Properti & Bangun 3 Juta Rumah, Ini Dampaknya ke BBTN

"Terima kasih kepada Badan Bank Tanah dalam percepatan penyediaan tanah untuk Bandara VVIP IKN. Kalau nggak ada Badan Bank Tanah, proyek ini (Bandara VVIP IKN) tidak akan jadi," ujar Basuki disela-sela tinjauan kerja pembangunan Bandara VVIP IKN, Selasa (25/6/2024).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Badan Bank Tanah Bidik Tambahan Aset hingga 35.000 Hektare Tahun Ini", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/properti/read/2024/10/17/100000221/badan-bank-tanah-bidik-tambahan-aset-hingga-35000-hektare-tahun-ini.

Selanjutnya: Kinerja Emiten Kawasan Industri Masih Penuh Tantangan, Simak Rekomendasi Sahamnya

Menarik Dibaca: Simak Waktu yang Tepat Harus Ganti HP Baru Beserta Tanda-tandanya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto