KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten ritel PT Matahari Putra Prima Tbk (
MPPA) telah menyusun berbagai strategi bisnis agar tetap bertahan di tengah pandemi Covid-19. Diantaranya yakni melakukan ekspansi dengan menambah gerai baru.
Head of Public Affairs PT Matahari Putra Prima, Fernando Repi mengatakan saat ini kontribusi penjualan MPPA ditopang oleh segmen Hypermarket dan supermarket dengan porsi 96%. “Sisanya disumbangkan oleh segmen grosir dan
convenience store dengan porsi masing-masing 2%,” katanya saat dihubungi Kontan.co.id, Selasa (4/5). Adapun data per 31 Desember 2020, MPPA memiliki empat format diantaranya yakni 100 gerai Hypermart, serta gerai supermarket yang terdiri dari 9 gerai Primo, 16 gerai Foodmart dan 9 gerai HyFresh.
Baca Juga: Matahari Putra Prima (MPPA) bakal perkuat digital, right issue dan tambah gerai Fernando menjelaskan, masih adanya dampak pandemi Covid-19, strategi yang diterapkan MPPA adalah berupaya melakukan efisiensi dan meningkatkan produktifitas pada seluruh gerai-gerainya. “Strategi kita juga saat ini kita fokus untuk membuka jalur penjualan lain misalnya lewat sosial media (Whatsapp) dan lewat
online yakni melalui
E-commerce seperti Shopee, Blibli dan lainnya,” katanya.
Dengan strategi penjualan melalui
online dan
offline, ia mengatakan saat ini penjualannya masih ditopang oleh penjualan secara
offline. “Tentu penjualan masih di topang dari penjualan
offline. Sehingga tahun ini kami berharap penjualan dari
online bisa berkontribusi sekitar 15% sampai 18% dari total penjualan,” tutupnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Handoyo .