Tahun Ini, Total Investasi Dapen Naik 30%



JAKARTA. Asosiasi Dana Pensiun Indonesia (ADPI) memperkirakan, total investasi dana pensiun (Dapen) akan tumbuh signifikan tahun ini, sekitar 30%.

"Jika kondisi market seperti kuartal pertama ini, boleh jadi akan ada pertumbuhan 20% hingga 30%. Tapi jika nantinya ada gejolak-gejolak yang muncul, berpotensi menghambat pertumbuhan, dan total investasi kemungkinan hanya akan tumbuh sekitar 20% hingga 25,%" papar Ketua Bidang Investasi ADPI Gatut Subadio.


Hingga Desemember 2009 total investasi Dapen tercatat sebesar Rp 107 triliun. Pencapaian tersebut naik signifikan bila dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya yang hanya sebesar Rp 91 triliun. "Karena sebelumnya drop masih imbas krisis, jadi meningkatnya baik," terang Gatut.

Adapun di kuartal I-2010, ADPI mencatatkan total investasi Dapen sebesar Rp 112 triliun. Meski enggan merincikan besarnya, namun Gatut bilang, jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu, pencapaian tersebut masih lebih besar.

Gatut memprediksikan, kedepannya, Dapen akan banyak yang masuk ke saham dan obligasi korporasi. Oleh karena itu, portofolio di saham dan obligasi akan mengalami peningkatan tahun ini. Apalagi, beberapa perusahaan menganggap saat ini adalah waktu yang tepat untuk menerbitkan obligasi. "Kira-Kira bisa meningkat hingga 25% untuk saham, dan obligasi bisa meningkat hingga 35%," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Uji Agung Santosa