KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Waskita Beton Precast Tbk (
WSBP) telah melakukan proses pekerjaan
erection girder pada Proyek Jalan Tol Cimanggis–Cibitung (CCTW) Seksi 2, dengan panjang girder bervariasi mulai 12 m hingga 50 m. Proses
erection girder pada Elevated MM2100 di Cibitung ini ditargetkan selesai tahun 2023. Sebagai informasi
erection girder adalah suatu kegiatan pemasangan balok girder ke atas tumpuannya dengan menggunakan alat berat
crawler crane. Manfaat
erection girder utnuk penyatuan elemen beton pracetak menjadi satu-kesatuan yang utuh sehingga membentuk suatu bangunan/jembatan/jalan.
Adapun pada proyek CCTW ini menggunakan 2 tipe girder yaitu PC-I Girder sebanyak 1.297 balok dan PC-U sebanyak 360 balok. “Pekerjaan erection girder PC-U Girder sudah mencapai 100%, sedangkan untuk PC-I girder sudah sebanyak 961 balok dan sisanya dilakukan secara bertahap,” ungkap Sugiharto, Director of Operations WSBP dalam siaran persnya, Rabu (12/4).
Baca Juga: Waskita Beton (WSBP) Lakukan Erection Girder pada Proyek CCTW Seksi 2 Proyek CCTW Seksi 2 sepanjang 23,3 km ini merupakan salah satu proyek besar yang disuplai oleh WSBP. “WSBP memulai suplai produk sejak TW II/2016 dan menargetkan penyelesaian suplai pada TW III/2023/oktober 2023. Hingga saat ini total progress suplai mencapai 80%,”ujarnya. Untuk mengejar target penyelesaian, WSBP mengerahkan kemampuan sumber daya dari 6 plant yang dimiliki, yaitu Plant Bojonegara dan 5 plant di Jawa Barat (Plant Cibitung, Plant Karawang, Plant Sadang, Plant Kalijati, dan Plant Subang). “Untuk produk readymix (Kelas A-E), kami suplai dari BP CCTW. Sedangkan PC-I girder, PC-U girder, spun pile, full slab kami suplai dari 6 plant tersebut,” tambahnya. “Kami memastikan menyuplai produk precast yang berkualitas tinggi, tahan lama, dan tentunya pengiriman produk tepat waktu,”ujarnya. Peran WSBP pada pembangunan Proyek Jalan Tol CCTW ini bukan baru pertama kali. Delapan tahun sebelumnya, WSBP meraih kontrak proyek ini pada tahun 2015 untuk CCTW Seksi 1A. “Kami berhasil menyelesaikan seksi pertama ini pada akhir tahun 2020 sepanjang 3,17 km,”kata Sugiharto.
Baca Juga: Waskita Beton (WSBP) Kembali Cetak Laba di 2022, Ini Kata Manajemen Pada seksi ini WSBP menyuplai readymix (Kelas A - E) dari BP CCTW, dan PCI girder, CCSP, spun pile, full slab. “Untuk produk precast kami juga mengandalkan keunggulan produk dari plant WSBP antara lain Plant Bojonegara, Plant Cibitung, Plant Karawang, Plant Sadang, Plant Kalijati, dan Plant Subang,” ujarnya. Harapannya setelah tol ini rampung, dapat menghemat waktu perjalanan, mendorong lebih cepat laju pengiriman logistik dan memudahkan mobilitas masyarakat, dan menghidupkan perekonomian masyarakat sekitar. Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Yudho Winarto