KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pelaku pasar ramai membicarakan saham emiten media belakangan ini. Prospek emiten media tahun depan diproyeksikan bakal menarik. Pasalnya, tahun depan memasuki tahun politik, sehingga perusahaan media bakal kecipratan pemasukan dari iklan kampanye. Sejumlah saham emiten media pun kompak mengakumulasi kenaikan selama perdagangan sepekan terakhir. Saham PT Surya Citra Media Tbk (SCMA) mencatat kenaikan tertinggi. Awal pekan ini, saham SCMA dibuka pada level Rp 2.210 per saham. Hari ini (8/12), harganya sudah naik 12% ke level Rp 2.450 per saham. Lalu, saham PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) mengakumulasi kenaikan 1,5% selama sepekan ke level Rp 1.340 per saham.
Sedikit menengok ke belakang, pendapatan iklan emiten media pada periode 2013 mencatat kinerja yang moncer, dengan rata-rata pertumbuhan pendapatan iklan dobel digit. Tahun tersebut merupakan tahun sebelum Pilpres 2019 dimulai. Maju lagi ke depan, tepatnya pada medio 2016, pendapatan iklan emiten media tak lagi kencang, rata-rata single digit. Tahun ini, tidak ada pagelaran politik yang berlangsung. Banyak faktor yang menentukan naik turunnya pemasukan iklan. "Tapi, iklan kampanye menjadi salah satu yang mempengaruhi," ujar Kepala Riset OSO Sekuritas Riska Afriani kepada KONTAN, belum lama ini.