Tak Cuma Payung, Siapkan Peralatan Penting Ini saat Musim Hujan ya



MOMSMONEY.ID - Ini dia beberapa alat dan persiapan yang harus disiapkan saat musim hujan mulai tiba.

Musim hujan yang sudah tiba membuat banyak orang kelabakan mempersiapkan peralatan musim hujannya masing-masing.

Agar tidak merasakan efek dari musim hujan seperti kehujanan, banjir, dan sakit, ada beberapa persiapan yang penting untuk disiapkan.


Inilah beberapa peralatan dan persiapan yang wajib ada saat musim hujan tiba yang sudah dirangkum oleh Momsmoney.

Baca Juga: Jelang Musim Hujan Tiba, Lakukan 5 Cara Ini untuk Mencegah Rumah Kebanjiran

Cek rumah

Sebelum dan saat musim hujan tiba, rumah tak boleh ketinggalan untuk diperiksa. Persiapkan rumah dengan baik agar terhindar dari risiko bocor, angin kencang dan banjir. Periksa atap rumah dan perbaiki bagian-bagian yang bocor.

Setelahnya, periksa selokan di luar dan di dalam rumah. Pastikan tidak ada sumbatan yang menyebabkan air sulit untuk mengalir. Perhatikan juga beberapa perabotan rumah yang rentan rusak karena hujan dan angin agar disimpan di tempat yang lebih baik.

Sepatu hujan

Jika harus melakukan banyak aktivitas di luar ruangan, persiapkan juga sepatu khusus hujan. Biasanya sepatu hujan terbuat dari bahan karet yang anti air.

Sepatu ini punya model seperti sepatu boots yang tinggi dan bisa mencegah air hujan mengotori pakaian. Jika tak punya, sebaiknya pertimbangkan sandal yang bisa digunakan untuk berjalan melawan air hujan dengan lebih nyaman dibanding sepatu.

Baca Juga: Selain Ramah Lingkungan, Sabun Organik Juga Punya Manfaat Berikut

Payung

Jadi peralatan penting saat musim hujan, jangan lupa sediakan payung saat musim hujan mulai tiba, ya. Persiapkan payung dengan beragam ukuran yang sesuai dengan aktivitas.

Saat keluar rumah, jangan lupa membawa payung lipat yang bisa disimpan di tas. Sedangkan jika pergi bersama keluarga atau ramai-ramai, sediakan payung berukuran besar yang muat digunakan orang banyak.

Jas hujan

Selain payung, jas hujan juga perlu dipersiapkan saat musim hujan tiba. Jas hujan adalah peralatan penting yang wajib disiapkan para pengendara motor saat musim hujan.

Sebelum membeli jas hujan, pastikan untuk memilih jas hujan yang berbahan kuat dan tahan di segala cuaca, termasuk musim hujan. Perhatikan juga kenyamanan saat menggunakan jas hujan dan pilih jenis jas hujan yang sesuai dengan mobilitas.

Baju tambahan

Selain menyiapkan sepatu hujan dan jas hujan, siapkan juga baju tambahan jika harus melakukan aktivitas luar ruangan. Siapkan baju cadangan sebelum keluar rumah sebagai persiapan jika baju yang digunakan basah karena hujan.

Baju tambahan ini wajib ada di dalam tas bagi para pekerja yang harus melawan cuaca saat bekerja, ya.

Nah, itulah beberapa persiapan alat-alat yang perlu untuk disiapkan jelang musim hujan tiba.

Selanjutnya: Cara Investasi Sukuk Ritel SR 021 Kupon 6,35%, Kuota Tenor 3 Tahun Hampir Habis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Christ Penthatesia