JAKARTA. Berbeda 180 derajat dengan Suzuki yang mengerem laju promosi dan penjualannya gara-gara krisis ekonomi global, Bajaj malah menggenjot promosi dan menaikkan target penjualannya.
Pabrikan motor asal negeri Jawaharlal Nehru ini optimistis penjualan motor sport Bajaj Pulsar dan XCD bakalan naik sebesar 8 ribu sampai 10 ribu unit per bulan. Padahal bayang-bayang turunnya industri motor sampai 30% tahun depan jelas terpampang di hadapan industri motor nasional.
Menurut Budi Dirgantoro, Manager Network Development PT Bajaj Auto Indonesia, penjualan Bajaj masih aman dari jangkauan krisis lantaran Bajaj bermain untuk segmen motor sport premium, dengan harga jual di atas Rp 15 juta.
"Di Sumatera boleh turun, tetapi penjualan kita di Jawa, Bali dan Sulawesi malah naik. Saat ini rata-rata pangsa pasar kita bertahan di angka 12% perbulan dari total pasar motorsport sebanyak 40 ribu unit perbulan," kata Budi.
Untuk menggenjot penjualannya tahun 2009, Bajaj tak segan menggenjot iklan televisinya. "Justru disaat yang lain sedang menurun iklan televisinya, kami akan memperbanyak iklan televisi," ujar Budi.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Didi Rhoseno Ardi