Tak Hanya Fokus ke VW, Porsche SE Perluas Investasi Dibidang AI dan Transportasi



KONTAN.CO.ID - FRANKFURT. Porsche SE pemegang saham pengendali di produsen mobil Jerman Volkswagen mempertimbangkan investasi lebih lanjut guna mendiversifikasi portofolionya, kata kepala keuangannya bersamaan dengan hasil semester pertama pada hari Selasa.

"Sumber daya keuangan kami memberi kami fleksibilitas yang cukup besar untuk investasi potensial dalam investasi inti dan portofolio lebih lanjut," kata Johannes Lattwein, anggota dewan Porsche SE untuk keuangan dan TI, dalam sebuah pernyataan.

"Dengan melakukan itu, kami mengejar pendekatan pengembangan portofolio yang aktif. Lingkungan pasar saham saat ini dan penurunan keseluruhan yang diakibatkannya dalam valuasi perusahaan menciptakan peluang yang menarik," tambah Lattwein.


Baca Juga: Kekurangan Pasokan Aluminium, Porsche Pangkas Target Penjualan

Grup tersebut, yang portofolionya saat ini sebagian besar mencakup perusahaan yang tidak terdaftar, mengatakan pada hari Senin bahwa mereka adalah bagian dari grup investor yang mengambil 35% saham di Flix SE, pemilik layanan Greyhound di Amerika Utara dan FlixBus di Eropa.

Porsche SE juga baru-baru ini mengambil saham di perusahaan AI Kanada Waabi Innovation Inc.

Selama enam bulan pertama tahun ini, Porsche SE melihat laba bersihnya setelah pajak turun menjadi 2,1 Miliar Euro (US$2,3 Miliar) dari 2,3 Miliar Euro tahun sebelumnya. Untuk setahun penuh, perusahaan menargetkan laba bersih sebelum pajak sebesar 3,5-5,5 Miliar Euro.

Perusahaan melaporkan pengurangan utang bersih dari 5,7 miliar euro pada akhir tahun lalu menjadi 5,0 Miliar Euro per 30 Juni, di batas bawah kisaran panduannya untuk tahun ini.

Baca Juga: Ungguli Mercedes dan Porsche, BMW Catatkan Penjualan Tertinggi

Selanjutnya: Jackie Chan Hadiri Acara Sinarmas Wealth Concord Gala

Menarik Dibaca: Jackie Chan Hadiri Acara Sinarmas Wealth Concord Gala

Editor: Tri Sulistiowati