Tak Hanya Lavender, 5 Wewangian Alami Ini Bisa Usir Nyamuk Loh



MOMSMONEY.ID - Simak beberapa jenis wewangian berikut yang ampuh mengusir nyamuk di ruangan rumah.

Musim panas merupakan waktu yang paling umum bagi nyamuk-nyamuk untuk berkeliaran di sekitar rumah.

Segala cara pun disiapkan agar bisa mengusir nyamuk. Dari menggunakan obat nyamuk, lotion, hingga menyiapkan obat semprot.


Baca Juga: Rekomendasi Bunga Pernikahan Terbaik Lengkap dengan Maknanya

Walau efektif mengusir nyamuk, namun ternyata ada beberapa jenis wewangian alami yang dibenci nyamuk loh.

Apa saja kah itu? Berikut daftar beberapa jenis wewangian alami yang bisa membantu mengusir nyamuk.

Eucaliptus

Menurut laman Homes and Gardens, Eucaliptus tercatat oleh Nationwide Pest Control sebagai salah satu jenis tanaman yang paling dibenci nyamuk. Hal tersebut disebabkan karena tanaman ini memproduksi zat yang dibenci nyamuk.

Yaitu linalool dan geraniol. Maka dari itu banyak produk rumahan yang menggunakan eucaliptus, sebab tanaman ini juga efektif digunakan untuk mengusir serangga.

Mint

Baik wewangian atau tanaman, mint merupakan salah satu pengusir nyamuk alami yang bisa digunakan di dalam maupun di luar rumah. Secara umum, tanaman mint yang ada di luar rumah atau taman akan menarik serangga untuk datang namun tidak dengan nyamuk.

Sebab nyamuk benci dengan wewangian yang memiliki aroma mint. Jika ingin mengusir nyamuk secara alami, cobalah menanam tanaman mint di area taman rumah.

Baca Juga: Jangan Salah Beri, Ini 4 Arti Bunga Mawar dari Warnanya 

Lavender

Jadi salah satu wewagian populer untuk mengusir nyamuk, tentu lavender sudah banyak digunakan dalam beragam produk pengusir nyamuk.

Wewangian yang kerap digunakan sebagai media meditasi dan terapi ini dibenci nyamuk karena bisa mengeluarkan jenis wewangian khusus. Wewangian ini bisa memberikan efek menenangkan bagi manusia namun dibenci nyamuk karena efeknya tersebut.

Serai

Wewangian dengan aroma serai juga efektif untuk mengusir nyamuk secara alami. Serai menurut laman Times of India, memiliki kandungan minyak citronella yang ampuh mengusir nyamuk.

Minyak citronella juga dikenal sebagai salah satu pengusir nyamuk yang paling efektif. Jadi cobalah menanam tanaman serai di area taman atau coba gunakan wewangian dengan aroma serai pada diffuser saat malam hari untuk mengusir nyamuk

Jeruk bali

Jeruk bali atau grape fruit adalah jenis wewangian alami lainnya yang juga dibenci nyamuk. Memiliki aroma wangi yang segar, ternyata jeruk bali memiliki kandungan nootkatone.

Kandungan tersebutlah yang sangat dibenci nyamuk dan bisa membantu untuk mengusir nyamuk secara alami. Selain nyamuk, serangga lain pun juga tidak suka dengan wewangian jeruk bali ini, loh.

Itulah tadi beberapa jenis wewangian alami yang dibenci dan bisa membantu untuk mengusir nyamuk. Cobain, yuk!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Christ Penthatesia