Tak lagi rugi, HERO catat laba bersih Rp 45 miliar



JAKARTA. Kuartal ketiga 2016, PT Hero Supermarket Tbk (HERO) meraih laba bersih Rp 44,97 miliar usai merugi pada periode sama tahun sebelumnya sebesar Rp 30,75 miliar.

Presiden Direktur HERO Stephane Deutsch dalam keterangan tertulisnya, Kamis (27/10), menyatakan bahwa meski total penjualan pada kuartal ketiga 2016 tercatat lebih rendah dari periode yang sama tahun sebelumnya, HERO tetap bisa mencatatkan pertumbuhan pada bottom line-nya.

"Peningkatan pada marjin dan kontrol biaya yang ketat membantu menghasilkan laba bersih sebesar Rp 45 miliar, sebuah peningkatan yang signifikan dibandingkan rugi bersih periode tahun sebelumnya sebesar Rp 31 miliar;" ujarnya.


Asal tahu saja, total penjualan HERO pada kuartal ketiga 2016 tercatat sebesar Rp 10,470 miliar atau 4% lebih rendah dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Menurut Stephane, pada kuartal ketiga, penjualan pada bisnis makanan dipengaruhi dampak negatif akibat dari penutupan toko, momen penjualan Idul Adha, dan terus melemahnya tingkat kepercayaan konsumen.

Namun, di saat kinerja penjualan like-for-like pada bisnis makanan menurun, kinerja positif berhasil diraih oleh bisnis kesehatan, kecantikan, dan home furnishing.

"Profitabilitas pada bisnis makanan dan non-makanan meningkat meskipun dalam kondisi lingkungan perdagangan yang menantang, sebagian disebabkan karena kemajuan yang baik dalam mengurangi biaya operasional toko.

Ia mengatakan, beberapa inisiatif baru sedang dilakukan untuk meningkatkan pertumbuhan penjualan di bisnis makanan selain mempertahankan kemajuan pada marjin.

Perusahaan mencatat laba kotor naik tipis jadi Rp 2,60 triliun dari laba kotor tahun sebelumnya Rp 2,51 triliun dan laba sebelum pajak diraih Rp 9,88 miliar dari rugi sebelum pajak tahun sebelumnya Rp 23,36 miliar.

Adapun HERO mencatat jumlah aset per September 2016 mencapai Rp 7,96 triliun atau turun dari jumlah aset per Desember 2015 sebesar Rp 8,04 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie