Tak Perlu Minum Obat! Ini 9 Cara Meningkatkan Kadar Kolesterol Baik Dalam Darah



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kadar kolesterol baik yang tinggi bisa menurunkan risiko penyakit jantung. Ini 9 cara meningkatkan kolesterol baik dalam darah yang bisa Anda coba. 

Kolesterol dibagi menjadi dua jenis. Pertama kolesterol jahat alias Low Density Lipoprotein (LDL) dan kolesterol baik atau High Density Lipoprotein (HDL). 

Baca Juga: Tak Perlu Konsumsi Obat! Ini Cara Mengatasi Asam Urat yang Bisa Anda Coba di Rumah

Mengutip dari situs Centers for Disease Control and Prevention, kolesterol baik berperan untuk menyerap kolesterol dan membawanya kembali ke hati. 

Kemudian, hati mengeluarkannya dari tubuh. Kadar kolesterol baik yang tinggi bisa menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. 

Berikut cara meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh yang dikutip dari Healthline. 

1. Mengonsumsi olive oil

Sebuah analisis besar dari 42 penelitian yang melibatkan sekitar 800 ribu peserta menemukan bahwa minyak zaitun adalah satu-satunya sumber lemak tak jenuh tunggal yang tampaknya mengurangui risiko penyakit jantung. 

Penelitian juga menunjukkan bahwa minyak zaitunbisa meningkatkan HDL. Hal ini disebabkan minyak zaitun mengandung antioksidan yang disebut polifenol. 

2. Diet rendah karbohidrat 

Sebuah penelitian menunjukkan penderita obesitas yang menjalankan diet rendah karbohidrat mengalami peningkatan kolesterol baik sebesar 5 mg/dl secara keseluruhan. 

Di sisi lain, dalam penelitian yang sama peserta yang mengonsumsi makanan rendah lemak dan tinggi karbohidrat menunjukkan penurunan kolesterol HDL. 

Umumnya, diet rendah karbohidrat dan ketogenik biasanya meningkatkan kadar kolesterol DHL pada penderita diabetes dan obesitas. 

3. Olahraga secara rutin 

Penelitian menunjukkan bahwa banyak jenis olahraga termasuk latihan intensitas tinggi dan aerobik efektif meningkatkan kolesterol HDL. 

Tinjauan penelitian juga mengatakan bahwa olahraga bisa meningkatkan efek antioksidan dan antiinflamsi kolesterol HDL. 

4. Konsumsi minyak kelapa 

Beberapa penelitian menunjukkan minyak kelapa cenderung meningkatkan kolesterol HDL. 

Satu studi meneliti efek kesehatan dari konsumsi minyak kelapa pada 40 wanita dengan kelebihan lemak perut. 

Para peneliti menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi minyak kelapa setiap hari mengalami peningkatan kolesterol HDL dan rasio LDL-ke-HDL yang lebih rendah.

5. Berhenti merokok 

Berhenti merokok bisa meningkatkan kadar HDL, meningkatkan fungsi HDL, dan membantu melindungi kesehatan jantung. 

6. Menurunkan berat badan 

Penelitian menunjukkan bahwa beberapa metode penurunan berat badan bisa meningkatkan kadar kolesterol HDL pada orang dengan kelebihan berat badan atau obesitas. 

7. Konsumsi buah dan sayur 

Mengonsumsi buah dan sayur yang kaya antosianin bisa membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL. 

8. Konsumsi ikan berlemak 

Makan ikan berlemak beberapa kali dalam seminggu bisa membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL dan memberikan manfaat lain bagi kesehatan jantung. 

9. Hindari konsumsi lemak trans buatan 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa lemak trans buatan bisa menurunkan kadar HDL dan meningkatkan peradangan dibandingkan dengan lemak lainnya. 

Baca Juga: Tak Perlu Diet! Ini 5 Aktivitas yang Efektif Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati