Tak seburuk bayangan, saham BlackBerry melejit 22%



LOS ANGELES. Saham Research In Motion Ltd melejit lebih dari 20% pada perdagangan Kamis ( 27/9) setelah kinerja produsen BlackBerry tersebut melebihi ekspektasi Wall Street.

Memang, laporan keuangan RIM tetap jeblok, namun tak seburuk yang dibayangkan sebelumnya. Kemarin, efek RIM memperpanjang lonjakan harga menjadi 22% ke US$ 8,71.

RIM menjabarkan, rugi bersih disesuaikan untuk program restrukturisasi yang sedang berjalan adalah 27 sen per saham. Pendapatan kuartal II anjlok 31% dari periode tahun lalu menjadi US$ 2,9 miliar.


Perusahaan asal Kanada tersebut mencatat rugi bersih US$ 235 juta atau 45 sen per saham. Rugi ini lebih kecil dibanding dengan periode yang sama tahun lalu yakni US$ 329 juta.

Analis yang disurvei oleh FactSet semula menghitung, kerugian restrukturisasi itu mencapai 47 sen per saham dengan perolehan pendapatan sebesar US$ 2,49 miliar.

Belum lama ini, BlackBerry kembali diterpa masalah gangguan jaringan di hampir sebagian belahan dunia. BB user, sebutan pari pengguna BB tak bisa mengases internet seharian.

Editor: