Tak Suka Kopi Pahit? Pakai 7 Pemanis Alami Ini untuk Bikin Kopi Jadi Manis



MOMSMONEY.ID - Pada dasarnya, hampir semua kopi dominan bercita rasa pahit. Namun jika Anda tak menyukai rasa pahit yang terlalu pekat, Anda juga dapat mengubah kopi jadi manis yang pas di lidah Anda.

Cobalah beberapa cara berikut ini untuk mengubah kopi pahit menjadi kopi manis yang enak di lidah.

Baca Juga: 9 Jenis Madu di Dunia dan Khasiatnya yang Tersembunyi, Anda Wajib Tahu


Stevia

Stevia bisa jadi salah satu opsi pemanis alami yang bikin kopi jadi manis tanpa takut kalori berlebih. Sebab stevia mengandung 0 kalori, lho!

Stevia sendiri berasal dari tanaman stevia yang diproses hingga dapat diproduksi dan dikonsumsi. Stevia itu sendiri dapat mengurangi risiko lonjakan gula darah & penambahan berat badan, dikutip melalui Drink Golden Ratio.

Cokelat hitam

Coklat hitam tak cuma bisa bikin kopi jadi manis, tapi juga menyuguhkan rasa unik yang lezat antara kopi dengan tambahan rasa coklat di dalamnya.

Pastikan Anda menggunakan cokelat hitam dan bukan jenis cokelat lainnya agar minuman kopi Anda tak mengandung gula berlebihan.

Caranya, lelehkan cokelat hitam, lalu tambahkan ke dalam secangkir kopi dan aduk merata.

Baca Juga: 5 Pemanis yang Aman untuk Penderita Diabetes, Tidak Sebabkan Gula Darah Naik

Nektar agave

Nektar agave atau yang lebih dikenal sebagai sirup agave merupaan jenis pemanis alami yang asalnya dari kaktus. Penamis ini mengandung fruktosa tingkat tinggi, namun indeks glikemiknya rendah.

Mengutip dari Corporate Coffee System, penelitian terhadap pasien diabetes tipe 2 menemukan bahkan indeks glikemik yang tinggi berpengaruh terhadap diabetes. Sehingga nektar agave masih cocok dijadikan sebagai salah satu pemanis alami agar kopi pahit berubah jadi manis sesuai kesukaanmu.

Madu

Baca Juga: 7 Makanan Unik Terbuat dari Roti dari Berbagai Negara, Pecinta Roti Wajib Coba!

Madu sebenarnya jarang digunakan sebagai pemanis kopi dan lebih sering dipakai sebagai kombinasi teh. Namun tak ada salahnya memanfaatkan madu untuk membuat kopi jadi manis sebab ternyata rasanya tak kalah enak dan tetap cocok dipadukan dengan kopi.

Bubuk kakao tanpa gula

Mengubah kopi pahit jadi manis bisa menggunakan bubuk kakao tanpa gula, lho!

Mengutip Drink Trade, menambahkan bubuk kakao tanpa gula justru bisa membuat kopi terasa lebih manis. Secara teknik, bubuk kakao memiliki rasa manis yang alami meski tanpa gula sekalipun.

Disarankan untuk menambahkan ¼ hingga ½ sendok teh gula sebagai permulaan. Setelah itu, sesuaikan takaran bubuk kakao Anda pada kopi yang diseduh.

Baca Juga: Apakah Madu Bisa Kedaluwarsa? Ini Ciri Madu Berkualitas & Cara Menjaganya

Garam

Mungkin terdengar sedikit aneh, namun kenyataannya menambahkan sedikit garam pada kopi secara efektif bisa mengurangi & menetralkan rasa pahitnya, lho!

Baca Juga: 5 Cara Menetralisir Rasa Asam Masakan yang Terlalu Banyak Cuka

Susu kental manis

Susu kental manis juga bisa jadi pilihan untuk membuat kopi jadi manis. Kehadirkan susu kental manis ini dapat menggantikan krimer kopi karena teksturnya yang seperti krim.

Itulah beberapa cara bikin kopi jadi manis menggunakan pemanis alami dan aneka cara lainnya.

 

Selanjutnya: 11 Herbal Alami Bahan Jamu Penurun Kolesterol yang Dapat Anda Coba

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Raissa Yulianti