Tak tercapai, target Jokowi 2 juta vaksinasi Covid-19 per hari di bulan Agustus



KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Target Presiden Jokowi agar vaksinasi Covid-19 mencapai 2 juta suntikan per hari pada bulan Agustus ini belum tercapai.  Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengatakan, rata-rata penyuntikan vaksin Covid-19 per hari pada Agustus di atas 1 juta. 

"Kalau saat ini kita sudah hampir rata-rata di atas 1 juta (vaksinasi Covid-19) dan kami berusaha walaupun sudah tinggal beberapa hari lagi. Di bulan Agustus ini sepertinya target 2 juta per hari ini belum bisa kita capai," kata Nadia dalam diskusi secara virtual melalui kanal YouTube Kemkominfo TV, Sabtu (28/8/2021). 

Nadia mengatakan, pihaknya akan berusaha untuk meningkatkan vaksinasi agar mencapai target 2 juta per hari pada September. "Kami akan dan intensifikasi pelayanan vaksinasi di berbagai fasilitas pelayanan kesehatan, menambah jumlah hari, jumlah sesi, waktu pelayanan dan kuota sesuai ketersediaan vaksin," ujarnya. 

Tak hanya itu, Nadia mengatakan, pihaknya akan menambah jumlah vaksinator dan membuka pos vaksinasi, bekerja sama dengan berbagai pihak seperti organisasi keagamaan, organisasi masyarakat, dan lain-lainnya. 

"Yang paling penting adalah kita memastikan kalau layanan sudah banyak, mobilisasi juga harus terus dilakukan, seperti pada lansia kami berharap bahwa kepala desa itu bisa mendata lansia di wilayahnya karena masih rendah cakupan vaksinasinya," tuturnya. 

Baca Juga: Sering terjadi, waspadai gejala virus corona varian delta ini

Nadia mengatakan, hingga saat ini, vaksinasi dosis pertama sudah mencapai 29%, sedangkan 16% untuk vaksinasi dosis kedua. 

Sejauh ini, kata Nadia, vaksinasi untuk kelompok lanjut usia (lansia) masih rendah, yaitu 5,2 juta untuk dosis pertama dan 3,6 juta untuk dosis kedua. 

"Kalau kita lihat tenaga kesehatan yang sudah mendapatkan dosis ketiga itu ada 578.000, sementara kalau untuk remaja ada 2,5 juta, ibu hamil ada 18.000, dan penderita disabilitas itu ada 16.000," pungkasnya. 

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo ingin vaksinasi Covid-19 mencapai angka 1 juta suntikan per hari selama Juli 2021. Ia juga menargetkan, angka itu ditingkatkan hingga dua kali lipat pada Agustus. 

"Seluruh pihak tetap harus bekerja keras agar target 1 juta per hari vaksinasi terjaga sampai akhir Juli dan dapat kita tingkatkan dua kali lipat pada Agustus 2021, yaitu mencapai 2 juta dosis per hari," kata Jokowi, dikutip dari tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Senin (28/6/2021).

Baca Juga: Indonesia berpotensi alami hiperendemi Covid-19, ini penjelasannya

Penulis : Haryanti Puspa Sari Editor : Nursita Sari

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kemenkes: Target 2 Juta Vaksinasi Covid-19 Per Hari pada Agustus Tak Tercapai ". 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat