TAM Resmikan Pabrik Suku Cadang Baru



Jakarta. PT Toyota Astra Motor (TAM) segera membuka pabrik baru pembuatan suku cadang. Pabrik yang proses pembangunannnya dimulai sejak setahun lalu itu akan diresmikan pada tanggal 4 September 2008. Lokasi pabrik terletak di Kawasan Industri M2100, Cikarang Barat. TAM membenamkan investasi hingga Rp. 249 miliar untuk mewujudkan proyek ini.

PT TAM melihat sektor bisnis otomotif di indonesia, berikut produk turunannya, akan terus berkembang. PT. TAM yakin jumlah mobil yang diproduksi akan selalu berbanding lurus dengan kebutuhan suku cadang mobil.

PT. TAM sebenarnya sudah memiliki pabrik sejenis di Sunter, Jakarta Utara. Karena permintaan akan suku cadang naik terus, dan bisnis otomotif masih akan terus tumbuh, manajemen menilai kapasitas pabrik yang ada saat ini tak lagi mencukupi. Sementara itu ekspansi lahan di sekitar pabrik juga tak memungkinkan. “Di Sunter, kita hanya bisa menampung 60.000 jenis suku cadang, padahal jumlah mobil yang diproduksi semakin banyak,” kata Achmad.


Pabrik suku cadang di Cikarang Barat dibangun diatas lahan seluas 10 hektar, dengan bangunan untuk New Toyota Part Center seluas 4 hektar. “Dengan luas lahan tersebut diperkirakan mampu menyimpan 100 ribu jenis suku cadang,” tambah Achmad.

Dalam membangun pabrik suku cadang ini, PT Toyota Astra Motor tidak bekerjasama dengan pihak lain."Kami mengelola sendiri, tidak bekerjasama dengan perusahaan logistik lainnya," kata Achmad Rizal, Manager Marketing Communication PT Toyota Astra Motor.

PT. TAM memilih Cikarang Barat sebagai lokasi pabrik karena letaknya yang strategis dan bebas dari banjir. “Perusahaan bisa menekan ongkos operasional perusahaan karena dari segi jarak lebih dekat dengan dealer suku cadang,” terang Achmad.

Selain untuk menjamin pasokan, pembangunan pabrik baru juga untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. “Pabrik suku cadang ini tidak hanya diharapkan dapat menyimpan suku cadang dalam jumlah banyak, tapi dapat mempercepat waktu pengiriman suku cadang ke konsumen mobil Toyota,” tutur Achmad.

Selain memasok suku cadang di dalam negeri, PT Toyota Astra Motor juga mengekspor suku cadang ke kawasan Amerika Selatan (Meksiko dan Venezuela), Afrika Selatan, Asia Tenggara (Thailand, Brunei, Malaysia, Philipina), dan Timur Tengah (Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab). Dari segi kuantitas, negara yang  menjadi tujuan pasokan suku cadang terbanyak yaitu Timur Tengah dan Asia.    .

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Test Test