Taman Kusuma Bangsa IKN Cetak rekor MURI, Apa Rekor yang Dipecahkan?



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Taman Kusuma Bangsa di Ibu Kota Nusantara (IKN) telah mencatat sejarah baru. 

Yakni dengan mencetak Rekor dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai lokasi dengan tiang bendera tertinggi di dunia, mencapai 79 meter. 

Prestasi ini menjadi kebanggaan nasional dan simbol penting bagi penghormatan kepada para pahlawan Indonesia.


Melansir Infopublik.id, Direktur Jenderal (Dirjen) Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Diana Kusumastuti, mengungkapkan bahwa tiang bendera ini tidak hanya menjadi yang tertinggi di Indonesia, tetapi mungkin juga di dunia.

"Taman Kusuma Bangsa ini dirancang sebagai tempat untuk melakukan renungan suci, terutama karena di IKN belum terdapat makam pahlawan. Dengan adanya tiang bendera setinggi 79 meter yang telah mendapatkan rekor MURI, taman ini menjadi salah satu ikon kebanggaan bangsa," ujar Diana setelah mendampingi Presiden Joko Widodo dalam peresmian Taman Kusuma Bangsa di IKN, Kalimantan Timur, pada Senin (12/8/2024). 

Informasi saja, Taman Kusuma Bangsa dirancang terintegrasi dengan kawasan Beranda Nusantara yang akan menjadi salah satu daya tarik utama di IKN. 

Lokasi ini diproyeksikan akan menarik perhatian masyarakat dan para tamu negara yang berkunjung ke IKN. 

Baca Juga: Menilik Persiapan dan Pro Kontra Upacara HUT RI ke- 79 di IKN

Selain itu, taman ini akan menjadi lokasi pelaksanaan renungan suci dalam rangka memperingati HUT ke-79 Republik Indonesia.

Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa pembangunan taman ini merupakan tanda penghormatan kepada para pahlawan yang telah berkontribusi pada pembangunan bangsa Indonesia. 

Taman ini dibangun dengan konsep monumental, yang secara visual menggambarkan perjuangan panjang kemerdekaan Indonesia, di mana terdapat patung pahlawan proklamator, Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta, yang dihiasi dengan sayap burung garuda setinggi 17 meter.

"Dalam rangka memberikan penghormatan kepada para pahlawan, para pejuang negara, terutama pendiri bangsa Bapak Soekarno dan Bung Hatta, sore ini kita resmikan Taman Kusuma Bangsa," kata Presiden Jokowi dalam acara peresmian.

Baca Juga: Anggaran Lebih dari Rp 140 Triliun Sudah Mengalir untuk Pembangunan IKN

Pembangunan Taman Kusuma Bangsa dimulai sejak Januari 2024 dan selesai pada Agustus 2024 dengan biaya mencapai Rp 335,2 miliar. Kawasan ini memiliki luas 1.915 meter persegi, mencakup area plaza, Sayap Pelindung Nusantara, patung Soekarno-Hatta, Api Abadi, dan lanskap yang indah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie