Tampang baru jadi penopang penjualan SUV



Adu cepat penjualan kendaraan di segmen sport utility vehicle (SUV) kian sengit. Agen tunggal pemegang merek (ATPM) pun tak segan menyegarkan perwajahan (facelift) kendaraan demi menjaring pembeli.

General Motor Indonesia, misalnya. Akhir pekan lalu, ATPM ini meluncurkan New Chevrolet Captiva. Varian facelift Captiva tersebut diklaim memiliki performa lebih baik dan mengusung teknologi lebih maju.

Debora Amelia Santoso, Direktur Pemasaran dan Promosi General Motor, mengatakan, peluncuran Captiva facelift terbaru ini merupakan salah satu strategi untuk menggaet pasar. "Penyegaran produk untuk meningkatkan konsumen," kata Debora.


Asal tahu saja, penjualan Captiva terus mengalami peningkatan. Hingga akhir Mei 2011 lalu, total penjualan Captiva mencapai 1.018 unit. Jumlah ini naik dibandingkan dengan Mei 2010 yang hanya laku 984 unit.

Debora optimistis, peluncuran varian baru ini akan mendongkrak penjualan Captiva lebih tinggi lagi. Namun demikian, Debora enggan memberi informasi mengenai target penjualan New Chevrolet Captiva. Pasalnya, ia masih menunggu konsolidasi dari dealer-dealer Chevrolet di seluruh Tanah Air. "Kalau melihat sejarahnya, paling tidak bisa terjual 250 unit per bulan," ujar Debora.

Penyegaran tampang juga dilakukan oleh Kia Motor Indonesia. Pertengahan Mei 2011 lalu, Kia meluncurkan All New Kia Sportage yang merupakan varian facelift Kia Sportage.

Meski belum genap dua bulan meluncur, wajah baru Sportage tersebut tampaknya mampu menyedot perhatian masyarakat. Hartanto Sukmono, Direktur Pemasaran Kia, mengaku, respon masyarakat terhadap New Sportage cukup bagus. Buktinya, sampai akhir Juni, jumlah pemesan mobil tersebut telah mencapai 300 orang.

Hartanto yakin, New Sportage bakal laris di pasaran. Pasalnya, harga SUV tersebut sangat kompetitif dibanding SUV lain yang sekelas. Hartanto menargetkan, penjualan New Sportage tahun ini bisa mencapai 1.500 unit.

Naik tipis

Tren kendaraan SUV memang terus meningkat. Mengutip data Gabungan Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), total penjualan SUV di kelas medium saja hingga Mei 2011 telah mencapai 18.777 unit, naik tipis dibanding penjualan Mei 2010 yang sebesar 18.630 unit.

Rizwan Alamsyah, Direktur Pemasaran Krama Yudha Tiga Berlian Motors selaku distributor Mitsubishi mengakui, masyarakat makin menyukai SUV. Konsumen menilai SUV punya fleksibilitas tinggi karena bisa digunakan sebagai kendaraan keluarga maupun kendaraan kerja.

Mitsubishi pun tak ketinggalan meluncurkan varian baru untuk menggaet konsumen. Maret 2011 lalu, Mitsubishi malah sudah meluncurkan varian baru dari Pajero Sport, yakni Pajero Sport Dakar.

Rizwan berharap, varian baru tersebut bakal mendongkrak penjualan Pajero. Penjualan Pajero Sport hingga Mei 2011 telah mencapai 5.786 unit. "Kami menargetkan, penjualan Pajero Sport minimal 15.000 unit dalam tahun ini," kata Rizwan.

Nissan Motor Indonesia juga berniat menyegarkan penampilan Nissan New X-Trail. Teddy Irawan, Deputi Direktur National Sales and Promotion Nissan Indonesia mengaku, Nissan akan melakukan perubahan kecil alias minor change New X-Trail di Agustus nanti. "Diharapkan bisa mendongkrak penjualan X-Trail hingga 6.000 unit per tahun," kata Teddy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Catur Ari