Tampil Solid, Selangkah Lagi IM Medina Warda Aulia Masuk 16 Besar FIDE World Cup 2023



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. International Master (IM) Medina Warda Aulia melanjutkan performa terbaiknya di ajang Piala Dunia Catur (FIDE Women's World Cup) 2023 yang berlangsung di Baku, Azerbaijan. Pada babak ketiga di game pertama, Medina berhasil menaklukkan Alina Bivol asal Rusia 1-0.

Memegang buah hitam, Medina yang memiliki rating 2355 tampil solid dengan pembukaan Italia. Alina yang memiliki rating 2371 memulai permainan dengan mendorong pion di depan raja e4. Medina menjawabnya dengan menempatkan pion e5. Alina menjalankan kuda f3, dibalas Medina dengan kuda c6. Kemudian Alina memainkan gajah c4. 

Baca Juga: Cetak Sejarah, IM Medina Warda Aulia Lolos ke Babak Ketiga FIDE World Cup 2023


Medina perlahan mulai unggul setelah Alina menjalankan pion h4 di langkah ke-16. Medina merangsek pertahanan lawan dengan memainkan kuda f4. Alina menukarkan gajahnya dengan memakan kuda f4. Medina membalas dengan pion memakan gajah f4 di langkah ke-17. Posisi pion Medina cukup kuat dan terus mendominasi permainan. 

Dengan menempatkan pion di petak c4 dan f4, Medina mengurung raja lawan sehingga Alina tak bisa melakukan rokade. Hingga akhirnya, pion Medina terus masuk ke pertahanan lawan di petak d3.

Baca Juga: Hadirkan FM Masruri Rahman, KONTAN Gelar Turnamen Catur Cepat Beregu Antar Perusahaan

Di langkah ke-49, Alina menyerah karena rajanya sudah tak berdaya dengan ancaman checkmate. Medina menang dengan skor sementara 1-0. Kedua pecatur masih akan bertanding di game kedua babak ketiga, pada Minggu (6/8) mulai pukul 18:00 WIB. 

Medina hanya butuh menahan remis Alina untuk melaju ke babak keempat (16 besar) FIDE Women's World Cup 2023. 

Baca Juga: Dewa Kipas mengipasi sekolah dan bisnis catur

Sebelumnya, di babak pertama (dua game) Medina berhasil mengatasi perlawanan Janelle Mae Frayna, pecatur asal Filipina dengan skor 1,5-0,5. Pada babak kedua (dua game), Medina juga mengandaskan perlawanan IM Khademalsyarieh Sarasadat asal Spanyol dengan skor 1,5-0,5.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sandy Baskoro