Tangkal Serangan Siber dan Pencurian Data, Telkomsel Perkenalkan KembalI Telco Verify



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Keamanan digital, terutama di sektor keuangan semakin menjadi perhatian. Terlebih dengan maraknya ancaman serangan siber. Maka, Telkomsel memperkenalkan kembali Telco Verify. Ini adalah sebuah solusi autentikasi inovatif untuk memberikan pengalaman digital yang lebih aman dan efisien. Telco Verify, yang sebelumnya dikenal sebagai Mobile Network Verification (MNV) sejak 2022.

Pergantian nama ini  untuk menegaskan tujuan utama dari solusi ini, yaitu menyediakan proses verifikasi yang lebih aman serta autentikasi yang lebih cepat dan seamless bagi pelanggan layanan bisnis dari berbagai sektor industri. Solusi Telco Verify memungkinkan identitas pengguna diautentikasi secara otomatis (silent verification) oleh operator jaringan seluler, tanpa perlu memasukkan kata sandi atau kode one time password (OTP). Hal ini dapat mengurangi kemungkinan pengambilalihan akun pengguna melalui social engineering ataupun pembagian kode OTP yang tidak disengaja.

Baca Juga: Danamon Imbau Nasabah Berhati-hati Penipuan Bermodus Call Center Palsu


Di sektor perbankan, implementasi Telco Verify salah satunya  di Bank Rakyat Indonesia (BRI). Sejak penerapan Telco Verify, BRI telah melaporkan penurunan signifikan dalam kasus social engineering di aplikasi BRImo. Dengan penerapan solusi Telco Verify dari Telkomsel Enterprise, BRImo dapat meningkatkan perlindungan bagi nasabah

VP Data Solutions & Digital Financial Services Telkomsel, Alfian Manullang, mengatakan menurut laporan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Indonesia mengalami lebih dari 361 juta serangan siber pada tahun 2023. Maka, Telkomsel berfokus menghadirkan layanan keamanan siber untuk mendukung para pelaku bisnis dalam menjamin keamanan data pribadi pelanggan.

"Keberhasilan Telkomsel dalam memperkuat perlindungan transaksi nasabah BRImo tidak hanya membuktikan efektivitas Telco Verify dalam mengurangi risiko ancaman keamanan, tetapi juga meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap layanan digital BRI, serta meminimalkan potensi kerugian finansial dan reputasi yang disebabkan oleh serangan siber," kata Alfian, Jumat (25/10). 

Selanjutnya: Vierlin, Brand Jeans yang Kini Fokus Bidik Segmen Anak Muda

Menarik Dibaca: Ini Penjelasan Garuda Indonesia terkait Program Seat Selection

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ahmad Febrian