JAKARTA. PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) yang sekian lama menjadi pemimpin pasar motor sport berniat menyalip PT Astra Honda Motor (AHM). Bila tak ada aral melintang, akhir bulan ini YMKI akan merilis Byson. Paulus S Firmanto, Asisten Manajer Umum Promosi dan Motorsport YMKI mengatakan, dengan hadirnya Byson, Yamaha memiliki tiga model motor sport. Ketiga model itu antara lain Scorpio, V-Ixion, dan Byson. "Ketiga model ini kami yakin akan memperkuat posisi Yamaha di motor sport," ujar Paulus, akhir pekan lalu. Menurut Paulus, Scorpio ditujjukan bagi konsumen yang menginginkan kenyamanan berkendara dengan mesin 225 cc. Sementara V-Ixion menawarkan teknologi tinggi dengan mesin 150 cc. Di sisi lain Byson ditujukan bagi konsumen yang mengutamakan gaya berkendara yang macho serta mesin berperforma tinggi.Byson menggunakan mesin 153 cc, empat tak, dan SOHC. Motor ini menggunakan sistem transmisi manual lima percepatan. Mesin ini juga telah sesuai standar Euro II yang dilengkapi dengan catalytic converter. Motor ini menggunakan ban besar flat tubeless dengan ukuran 100/80-17 di pada bagian depan dan 120/70-17 di bagian belakang. Terdapat pula suspensi rear monoshock. Byson juga menerapkan lampu depan multi reflektor serta LCD speedometer digital.Byson dibanderol seharga Rp 19,9 juta on the road Jakarta. Dengan bodi yang gagah, menurut Paulus motor ini cocok bagi pengendara yang ingin tampil macho. "Motor ini akan ada di diler akhir Agustus atau awal September nanti," kata Paulus. Meski belum sampai ke diler, namun hingga kini YMKI sudah menjual Byson secara online. Sampai kini, penjualan online Byson sudah mencapai 200 unit.Merujuk data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), sepanjang Juli silam, total penjualan motor sport mencapai 44.459 unit. Bila merujuk data penjualan motor tujuh bulan 2010 yang sebanyak 4,3 juta unit, segmen motor sport mencapai 356.710 unit, atau memberikan kontribusi 8,2%.Bila dirinci, sepanjang Januari-Juli 2010 motor sport YKMI memberikan kontribusi terbesar (39,06%) dengan penjualan 139.323 unit. Lalu motor sport AHM mencapai 89.195 unit (25%). Di sisi lain motor sport SIS mencapai 86.548 unit (24,26%), Kawasaki 40.263 unit (11,29%), dan TVS 1.381 unit (0,39%).Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Tantang pesaing, Yamaha rilis Byson
JAKARTA. PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) yang sekian lama menjadi pemimpin pasar motor sport berniat menyalip PT Astra Honda Motor (AHM). Bila tak ada aral melintang, akhir bulan ini YMKI akan merilis Byson. Paulus S Firmanto, Asisten Manajer Umum Promosi dan Motorsport YMKI mengatakan, dengan hadirnya Byson, Yamaha memiliki tiga model motor sport. Ketiga model itu antara lain Scorpio, V-Ixion, dan Byson. "Ketiga model ini kami yakin akan memperkuat posisi Yamaha di motor sport," ujar Paulus, akhir pekan lalu. Menurut Paulus, Scorpio ditujjukan bagi konsumen yang menginginkan kenyamanan berkendara dengan mesin 225 cc. Sementara V-Ixion menawarkan teknologi tinggi dengan mesin 150 cc. Di sisi lain Byson ditujukan bagi konsumen yang mengutamakan gaya berkendara yang macho serta mesin berperforma tinggi.Byson menggunakan mesin 153 cc, empat tak, dan SOHC. Motor ini menggunakan sistem transmisi manual lima percepatan. Mesin ini juga telah sesuai standar Euro II yang dilengkapi dengan catalytic converter. Motor ini menggunakan ban besar flat tubeless dengan ukuran 100/80-17 di pada bagian depan dan 120/70-17 di bagian belakang. Terdapat pula suspensi rear monoshock. Byson juga menerapkan lampu depan multi reflektor serta LCD speedometer digital.Byson dibanderol seharga Rp 19,9 juta on the road Jakarta. Dengan bodi yang gagah, menurut Paulus motor ini cocok bagi pengendara yang ingin tampil macho. "Motor ini akan ada di diler akhir Agustus atau awal September nanti," kata Paulus. Meski belum sampai ke diler, namun hingga kini YMKI sudah menjual Byson secara online. Sampai kini, penjualan online Byson sudah mencapai 200 unit.Merujuk data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), sepanjang Juli silam, total penjualan motor sport mencapai 44.459 unit. Bila merujuk data penjualan motor tujuh bulan 2010 yang sebanyak 4,3 juta unit, segmen motor sport mencapai 356.710 unit, atau memberikan kontribusi 8,2%.Bila dirinci, sepanjang Januari-Juli 2010 motor sport YKMI memberikan kontribusi terbesar (39,06%) dengan penjualan 139.323 unit. Lalu motor sport AHM mencapai 89.195 unit (25%). Di sisi lain motor sport SIS mencapai 86.548 unit (24,26%), Kawasaki 40.263 unit (11,29%), dan TVS 1.381 unit (0,39%).Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News