Target DHE Bank Mandiri tak tercapai



JAKARTA. Target perolehan Devisa Hasil Ekspor (DHE) PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) tak tercapai tahun 2012 lalu.

"DHE kami bagus. Tapi tidak mencapai target," terang Direktur Commercial dan Business Banking Bank Mandiri Sunarso, di Gedung DPR-RI, Senin, (4/2).

Bank Mandiri menargetkan pencapaian DHE yang masuk ke banknya adalah US$ 63 miliar. Namun realisasinya hanya US$ 56 miliar.


Menurutnya, target ini tidak tercapai karena hasil ekspor minyak dan gas belum masuk ke banknya. "Waktu itu target kami hasil ekspor minyak dan gas masuk, ternyata tidak," ucap Sunarso.

Pada 2012, total DHE yang masuk melalui bank devisa Indonesia berjumlah US $ 107,07 miliar. Kemudian yang masuk melalui bank luar negeri yaitu US $ 22,33 miliar.

BI terus meminta para eksportir untuk mengirimkan hasil ekspornya melalui bank-bank devisa di Indonesia. Ini diatur BI dalam Peraturan Bank Indonesia (PBI) Nomor 14/25/PBI/2012 tentang Penerimaan Devisa Hasil Ekspor dan Penarikan Devisa Utang Luar Negeri, yang berlaku sejak 1 Januari 2013. Di aturan ini, disebut Kewajiban penerimaan Devisa Hasil Ekspor (DHE) melalui Bank Devisa di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: