Target Onstream 2027, Ini Perkembangan Proyek Geng North dan Gehem Kelolaan ENI



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menargetkan pengembangan proyek gas Kutei North Hub di Selat Makassar di antaranya Lapangan Geng North dan Gehem yang dikelola oleh perusahaan migas asal Italia, Eni, sebisa mungkin bakal onstream pada kuartal II-2027.

Kutei North Hub (KNH) ditetapkan sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN), menjadikannya prioritas utama dalam pengembangan sektor hulu migas Indonesia. Proyek ini dinilai strategis karena potensi besar yang dimiliki serta tingkat kompleksitas teknologi yang dibutuhkan.

Perusahaan migas asal Italia tersebut telah mengombinasikan fasilitas pada temuan Geng North di North Ganal dengan proyek fasilitas Lapangan Rapak di Indonesia Deepwater Development (IDD).


Adapun, pengembangan proyek tersebut dibagi menjadi dua bagian yakni bagian utara (Northern Hub) Gehem-Geng North dengan nilai investasi sekitar US$ 11,4 miliar dan bagian selatan (Southern Hub) Gendalo-Gandang dengan nilai investasi sebesar US$ 3,4 miliar.

Deputi Eksploitasi SKK Migas Wahju Wibowo mengatakan pemerintah terus melakukan percepatan untuk penyelesaian proyek strategi nasional (PSN) yang tengah dikelola oleh ENI. ENI melakukan dengan cepat, hanya sekitar 7 bulan sejak penemuan Sumur Geng North-1 pada 2023 sampai persetujuan Plan of Development (PoD) pertama.

Baca Juga: Kerek Produksi Migas, ESDM Dorong Implementasi Teknologi dan Kerjasama KKKS

Dari PoD pertama yang disetujui, kata Wahju, proyek North Hub ini direncanakan bakal onstream pada kuartal II-2027. Jika rencana ini berhasil, proyek ini akan menjadi proyek dengan pengembangan tercepat.

"Sebisa mungkin onstream kuartal II-2027. Segala upaya kita lakukan agar bisa onstream di 2027," kata Wahju saat Media Briefing di Jakarta, Jumat (27/9).

Wahju menuturkan total cadangan proyek IDD mencapai 66 juta barel minyak dan 2,67 triliun kaki kubik (TCF), serta Geng North memiliki cadangan gas inplace 5,3 TCF. Proyek North Hub yang membutuhkan investasi sebesar US$ 11 miliar ini akan memiliki 24 sumur produksi dengan 15 sumur dari Geng North dan 9 sumur dari Gehem,

Saat ini, proyek North Hub tengah memasuki tahap Front End Engineering Design (FEED) dan ditargetkan Final Investment Decision (FID) akan dilakukan pada 2025.

Adapun, kendala proyek lepas pantai ini adalah proses engineering yang membutuhkan Floating Storage Production and Offloading (FPSO) yang sangat besar. FPSO ini akan memproduksi gas bumi dari Geng North dan Gehem dengan kapasitas tertinggi mencapai 1 miliar standar kaki kubik per hari (BSCFD).

Selanjutnya: SKK Migas dan PHE Perkuat Kerja Sama Tingkatkan Produksi Migas

Menarik Dibaca: 5 Barang yang Wajib Disiapkan Di Musim Hujan, Bukan Cuma Payung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari