JAKARTA. PT Astra International Tbk (ASII) untuk tahun 2010 optimistis target penjualan kendaraan bermotornya bisa tercapai. Pasalnya, hingga November 2010, penjualannya sudah mencapai lebih dari 90% dari seluruh target tahun ini.Dari total penjualan kendaraan bermotor roda dua secara nasional yang sebanyak 6,85 juta unit, penjualan motor Astra mencapai 3,2 juta unit. Dengan kata lain, Astra menguasai 46,7% pangsa pasar motor nasional. Pangsa pasar ini naik dibanding tahun lalu yang masih sebesar 31%.Presiden Direktur ASII Prijono Sugiarto bilang tahun 2010 ini, ASII menargetkan bisa menguasai 47% pangsa pasar motor nasional. Sementara itu, diperkirakan penjualan motor nasional sepanjang tahun 2010 ini akan mencapai 7,2 juta unit.Berarti angka penjualan motor yang mau dicapai ASII sebanyak 3,38 juta unit kendaraan. Mengacu pada penjualan motor ASII hingga November 2010, maka penjualannya sudah mencapai 94,5% dari yang ditargetkan. "Target (hingga akhir tahun 2010) itu, saya rasa akan tercapai," ujarnya kepada KONTAN di Jakarta, Selasa (21/12).Tidak hanya itu, Prijono juga optimistis, penjualan kendaraan roda empatnya juga akan tembus hingga 427.500 unit atau menguasai 57% pangsa pasar mobil dalam negeri. Diperkirakan, volume penjualan mobil nasional sepanjang tahun ini akan mencapai 750.000 unit.Hingga November 2010, ASII merealisasi penjualan mobil sebanyak 387.981 unit atau sudah mencapai 90,7% dari target awal. Pangsa pasar mobil ASII periode Januari-November 2010 sebesar 55,85%.Jika target penjualan itu tercapai, maka untuk penjualan motornya, ASII akan membukukan kenaikan sebesar 25% dari penjualan tahun lalu yang sebanyak 2,7 juta unit. Sementara jika target penjualan kendaraan roda empat sesuai target, kenaikannya mencapai 52% dari 281.013 unit pada sepanjang 2009.Untuk tahun depan, Prijono masih enggan menyebutkan secara detail target penjualan kendaraan bermotornya. Prijono memperkirakan, kebijakan pemerintah membatasi konsumsi BBM bersubsidi berpotensi mempengaruhi volume penjualannya.Tetapi, penurunan volume penjualan itu, menurut Prijono akan terkompensasi oleh adanya kenaikan harga. Ia pun tetap optimistis pasar kendaraan bermotor terus tumbuh. Karena itu, Astra memutuskan terus melakukan ekspansi.ASII berniat memperbesar kapasitas produksinya di Astra Daihatsu Motor (ADM) dari 250.000 kendaraan per tahun menjadi 281.000 unit per tahun.Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Target penjualan kendaraan ASII tahun ini bakal tercapai
JAKARTA. PT Astra International Tbk (ASII) untuk tahun 2010 optimistis target penjualan kendaraan bermotornya bisa tercapai. Pasalnya, hingga November 2010, penjualannya sudah mencapai lebih dari 90% dari seluruh target tahun ini.Dari total penjualan kendaraan bermotor roda dua secara nasional yang sebanyak 6,85 juta unit, penjualan motor Astra mencapai 3,2 juta unit. Dengan kata lain, Astra menguasai 46,7% pangsa pasar motor nasional. Pangsa pasar ini naik dibanding tahun lalu yang masih sebesar 31%.Presiden Direktur ASII Prijono Sugiarto bilang tahun 2010 ini, ASII menargetkan bisa menguasai 47% pangsa pasar motor nasional. Sementara itu, diperkirakan penjualan motor nasional sepanjang tahun 2010 ini akan mencapai 7,2 juta unit.Berarti angka penjualan motor yang mau dicapai ASII sebanyak 3,38 juta unit kendaraan. Mengacu pada penjualan motor ASII hingga November 2010, maka penjualannya sudah mencapai 94,5% dari yang ditargetkan. "Target (hingga akhir tahun 2010) itu, saya rasa akan tercapai," ujarnya kepada KONTAN di Jakarta, Selasa (21/12).Tidak hanya itu, Prijono juga optimistis, penjualan kendaraan roda empatnya juga akan tembus hingga 427.500 unit atau menguasai 57% pangsa pasar mobil dalam negeri. Diperkirakan, volume penjualan mobil nasional sepanjang tahun ini akan mencapai 750.000 unit.Hingga November 2010, ASII merealisasi penjualan mobil sebanyak 387.981 unit atau sudah mencapai 90,7% dari target awal. Pangsa pasar mobil ASII periode Januari-November 2010 sebesar 55,85%.Jika target penjualan itu tercapai, maka untuk penjualan motornya, ASII akan membukukan kenaikan sebesar 25% dari penjualan tahun lalu yang sebanyak 2,7 juta unit. Sementara jika target penjualan kendaraan roda empat sesuai target, kenaikannya mencapai 52% dari 281.013 unit pada sepanjang 2009.Untuk tahun depan, Prijono masih enggan menyebutkan secara detail target penjualan kendaraan bermotornya. Prijono memperkirakan, kebijakan pemerintah membatasi konsumsi BBM bersubsidi berpotensi mempengaruhi volume penjualannya.Tetapi, penurunan volume penjualan itu, menurut Prijono akan terkompensasi oleh adanya kenaikan harga. Ia pun tetap optimistis pasar kendaraan bermotor terus tumbuh. Karena itu, Astra memutuskan terus melakukan ekspansi.ASII berniat memperbesar kapasitas produksinya di Astra Daihatsu Motor (ADM) dari 250.000 kendaraan per tahun menjadi 281.000 unit per tahun.Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News