Targetkan Marketing Sales Rp 11,1 Triliun pada 2024, Begini Rekomendasi Saham CTRA



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten properti PT Ciputra Development Tbk (CTRA) menargetkan marketing sales Rp 11,1 triliun pada 2024.

Terkait hal tersebut, analis mengatakan target marketing sales yang ditetapkan CTRA tersebut bakal mudah tercapai, kendati masih tingginya ketidakpastian ekonomi akibat 'higher for longer' dari the Fed dan geopolitik.

Analis Kiwoom Sekuritas Vicky Rosalinda mengatakan, berkaca pada capaian tahun lalu, CTRA mencatatkan marketing sales tertinggi sepanjang masa.


Baca Juga: Sepanjang Tahun Ini, Ciputra Development (CTRA) Targetkan Pendapatan Tumbuh 8%

CTRA mencatatkan marketing sales Rp 10,2 triliun di 2023. Nilai itu mencapai 105% dari target yang ditetapkan sebesar Rp 9,8 triliun. Secara tahunan, realisasi itu tumbuh 24% dari Rp 8,2 triliun di 2022.

Vicky melihat, walaupun kebijakan suku bunga The Fed masih tinggi tetapi tidak terlalu mempengaruhi permintaan KPR di Indonesia. Lalu korelasi antara kebijakan suku bunga dan permintaan KPR juga tidak terlalu signifikan, melainkan cenderung berpengaruh terhadap harga komoditas.

"Selain itu juga dilihat dari NPL sektor properti masih tergolong dalam ambang batas yang wajar meskipun sedikit naik," ujarnya kepada Kontan.co.id, Rabu (17/4).

Analis Sucor Sekuritas Nico Pandowo melanjutkan, potensi tercapainya target tahun ini juga didorong dari proyek di Sumatra.

Baca Juga: Ciputra (CTRA) Targetkan Pendapatan Tumbuh 8% di Tahun 2024

Ia memperkirakan, daerah tersebut akan memberikan kontribusi mencapai Rp 2,5 triliun, dipimpin oleh Citra Land Sampali KDM yang diharapkan dapat meningkatkan penjualan sebesar Rp 1,35 triliun.

Selain itu, masih berlanjutnya insentif PPN DTP bakal mendorong marketing sales perseroan.

Editor: Noverius Laoli