Tarik Investasi Ke IKN, Jokowi Terbang Ke Abu Dhabi Pekan Depan



KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Pelaksana tugas (Plt) Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Basuki Hadimuljono mengungkapkan bahwa presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan bakal bertandang ke Abu Dhabi pekan depan.

Basuki bilang, kunjungan Jokowi ke Abu Dhabi demi melanjutkan minat investasi Mohamed Ali Rashed Alabbar yang hendak menanamkan investasi di IKN.

“Nanti tanggal 15 Juli dan 16 Juli 2024, beliau (Presiden Jokowi) baru ke Abu Dhabi, untuk menindak lanjuti kunjungan (Ali Rashed Alabbar),” ujarnya di Gedung Kementerian PUPR, Jakarta, Senin (8/7).


Basuki menuturkan, Mohamed Ali Rashed Alabbar yang merupakan bos Emaar Properties dan juga pendiri Burj Khalifa, digadang-gadang bakal membangun pusat keuangan alias financial center di IKN. Adapun bentuknya bakal menyerupai kawasan SCBD.

Baca Juga: Superior Prima Sukses (BLES) akan Tambah Porsi untuk Proyek IKN Tahun Ini

Namun demikian, Basuki mengatakan bahwa dirinya belum dapat memastikan kunjungan Presiden Jokowi kesana apakah untuk memastikan investasi tersebut atau seperti apa.

“Nanti kita tunggu saja, jadi menurut saya belum ada beritanya,” tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, kabar mengenai akan masuknya Emaar Properties ke IKN juga sempat disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat melakukan groundbreaking investasi Astra Biz Center di IKN, Selasa (4/6).

Jokowi menyebut, usai diajak berkeliling ke Nusa Dua, Mandalika, dan IKN, Alabbar mengungkap minatnya untuk menyuntik investasi ke IKN.

"Dia langsung komitmen tapi enggak saya sebut angkanya karena belum sign, saya belum mau ngomong kalau belum tanda tangan betul, tapi gede banget dan akan kita tanda tangani InsyaAllah nanti bulan Juli di Abu Dhabi atau di Dubai," kata Jokowi.

Baca Juga: Emiten BUMN Karya Usulkan PMN 2025, Begini Rinciannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati