KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Beberapa tahun terakhir, penggunaan chatbot untuk bisnis di Indonesia menunjukkan pertumbuhan signifikan. Berdasarkan laporan DailySocial dan IDC Indonesia, lebih dari 60% perusahaan di Indonesia mengadopsi chatbot sebagai bagian dari strategi layanan pelanggan mereka, terutama di sektor e-commerce, perbankan, dan telekomunikasi. WhatsApp menjadi kanal utama integrasi chatbot, mengingat penetrasi aplikasinya yang tinggi di Indonesia. Angka tersebut menunjukkan, selain tren, chatbot telah menjadi alat penting dalam mendukung efisiensi dan skala layanan pelanggan di berbagai lini industri di Indonesia. Namun kenyataannya, tak sedikit pelanggan yang justru frustrasi karena jawaban robot terasa kaku, tidak nyambung, dan tak menyelesaikan masalah.
Teknologi Makin Canggih, Konsumen Inginkan Chatbot yang Mirip Manusia
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Beberapa tahun terakhir, penggunaan chatbot untuk bisnis di Indonesia menunjukkan pertumbuhan signifikan. Berdasarkan laporan DailySocial dan IDC Indonesia, lebih dari 60% perusahaan di Indonesia mengadopsi chatbot sebagai bagian dari strategi layanan pelanggan mereka, terutama di sektor e-commerce, perbankan, dan telekomunikasi. WhatsApp menjadi kanal utama integrasi chatbot, mengingat penetrasi aplikasinya yang tinggi di Indonesia. Angka tersebut menunjukkan, selain tren, chatbot telah menjadi alat penting dalam mendukung efisiensi dan skala layanan pelanggan di berbagai lini industri di Indonesia. Namun kenyataannya, tak sedikit pelanggan yang justru frustrasi karena jawaban robot terasa kaku, tidak nyambung, dan tak menyelesaikan masalah.
TAG: