JAKARTA. PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) resmi luncurkan layanan remittance (remitansi) di Malaysia. Kehadiran layanan remitansi di Malaysia ini karena kerjasama antara Finnet Indonesia selaku anak usaha Telkom dengan Hong Leong Islamic Bank. Layanan remitansi ini guna memudahkan masyarakat Indonesia yang berada di Malaysia dalam melakukan pengiriman uang. Dengan demikian, layanan remitansi Telkom kini berada di tiga neagara, yakni Malaysia, Hong Kong dan Taiwan. Direktur Enterprise & Business Service Telkom Muhammad Awaluddin menyatakan, Finnet Indonesia menyediakan layanan Delima berbasis Information & Communication Technology (ICT) sehingga dapat meningkatkan layanan transaksi pengiriman uang oleh Hong Leong Islamic Bank antara Malaysia dan Indonesia.
"Dengan kerjasama ini, pelanggan dapat mengirimkan uangnya lewat Hong Leong Islamic Bank dan uangnya dapat diambil di Agen Delima di seluruh Indonesia," kata Awaluddin dalam keterangan resminya, Minggu (2/11). Saat ini jumlah masyarakat Indonesia di Malaysia sekitar dus juta orang dan uang yang dikirimkan ke Indonesia dari Malaysia pada tahun 2013 sekitar US$ 2,5 Milyar, menduduki peringkat pertama international remittance yang masuk ke Indonesia. Sementara itu, Direktur Utama Finnet Indonesia Otong Iip menambahkan, masyarakat Indonesia di Malaysia yang akan mengirimkan uangnya ke Indonesia lewat Hong Leong Islamic Bank akan semakin dimudahkan dengan adanya dua pilihan layanan. Pertama, pelanggan dapat mengirimkan uangnya lewat cabang Hong Leong Islamic Bank atau yang kedua, pelanggan dapat mengirimkan uangnya lewat Cash Deposit Machine (CDM) Hong Leong Islamic Bank, kemudian keluarganya dapat mengambil uang tersebut di Agen Delima di seluruh Indonesia. Dalam pengembangannya nanti, selain mengirimkan uangnya lewat loket dan CDM, pelanggan akan dapat mengirimkan uangnya dengan menggunakan handphone (HP).