Telkomsel Implementasi Teknologi 5G Standalone Perdana di Indonesia



KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  Perkembangan teknologi telekomunikasi sangat cepat. Terbaru, Telkomsel berupaya mewujudkan berbagai inisiatif  pemanfaatan teknologi jaringan terkini 5G. Seperti menghadirkan teknologi 5G Standalone (5G SA) pertama di Indonesia. 

Teknologi mencakup 5G Live Broadcast, fixed wireless access dan smart glasses untuk meliput rangkaian upacara kemerdekaan Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN). Selain itu menyediakan konektivitas 5G untuk IKN Smart City Command Center, wearable glasses camera di Rumah Teknologi Nusantara IKN, menghadirkan solusi pelabuhan pintar di Benoa Bali, hingga menyediakan 5G Smart Helmet di Maluku Utara.

Dalam menghadirkan pemanfaatan jaringan 5G mandiri atau 5G Standalone (5G SA) pertama di Indonesia, anak usaha PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) itu menggandeng mitra vendor global. seperti Ericsson, Huawei dan ZTE. Mereka mengimplementasi ragam use case di IKN, Bali dan Maluku Utara.


Baca Juga: Telkom (TLKM) Serap Capex Rp 11,7 Triliun Sepanjang Semester I-2024

5G SA merupakan teknologi jaringan seluler generasi kelima yang beroperasi secara mandiri tanpa bergantung pada jaringan 4G yang telah tersedia. Hal ini memungkinkan koneksi internet yang jauh lebih cepat, lebih stabil, dan memiliki latensi yang sangat rendah.

Direktur Network Telkomsel, Indra Mardiatna berharap, perluasan jaringan 5G dan pemanfaatan 5G SA menjadi katalisator utama untuk berbagai inovasi dan transformasi digital di Tanah Air, serta mendorong pengembangan teknologi dan digitalisasi yang lebih luas.

“Ke depan, Telkomsel berkomitmen untuk terus berinovasi memanfaatkan teknologi terkini dan menghadirkan layanan telekomunikasi berkualitas,” ujar Indra, dalam rilis yang diterima Kontan.co.id, Kamis (15/8).

Selanjutnya: Tingkat Hunian Hotel PP Properti (PPRO) Terkerek Dampak Pembangunan IKN

Menarik Dibaca: Kembangkan Bisnis di Indonesia, Thailand Gelar Pameran Produk Halal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ahmad Febrian