Telur Bertahan Berapa Lama di Luar Kulkas?



MOMSMONEY.ID - Telur bisa bertahan berapa lama jika disimpan di luar kulkas adalah pertanyaan yang kerap muncul dalam benak Moms. Sebab telur selain tinggi protein, merupakan lauk yang mudah diolah apalagi untuk sarapan. 

Bagi beberapa orang mungkin tidak terbiasa menyimpan telur di dalam kulkas. Mereka memilih menyimpan telur di luar kulkas. Namun teliur bisa bertahan berapa lama di luar kulkas?

Baca Juga: Sudah Buka! Ini Jadwal Seleksi Beasiswa LPDP 2024 Tahap II


Melansir berbagai Egg Safety Center, semakin hangat suhu ruangan maka semakin singkat ketahanan telur mentah. Jika Anda baru saja mengeluarkan telur dari kulkas ke ruangan yang suhunya 32C telur hanya bisa bertahan 1 jam di luar kulkas. 

Kemudian untuk benar-benar memastikan telur tetap aman meski disimpan di luar kulkas, Anda harus menyimpan dengan tepat. Sebab di suhu ruang dengan penyimpanan yang tepat telur bisa bertahan maksimal 3 minggu. 

Melansir berbagai sumber, cara tepat menyimpan telur di luar kulkas adalah dengan tidak mencucinya. Mencuci telur bisa menyebabkan lapisan pelindung pada cangkang bisa hilang dan cepat membusuk. Kemudian sebaiknya disimpan di karton telur pada suhu ruang yaitu 20-25C.

Baca Juga: Yuk, Kenal dengan Geng Penipu di Drakor The Player 2: Master of Swindlers

Lalu bagaimana ciri-ciri telur sudah busuk? Jika Anda sudah terlalu lama menyimpan telur, pastikan telur Anda tidak busuk. Untuk mengenali tanda telur busuk, berikut ciri-cirinya:

  • Mengeluarkan bau menyengat yang tidak sedap, seperti sangat amis.
  • Kulit atau cangkan telur sudah kusam
  • Saat telur mentah dipecah, bagian kuning sudah sangat encer dan tidak beraturan bentuknya
  • Telur yang busuk akan mengapung jika Anda letakkan di air. 
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Benedicta Alvinta