JAKARTA. Hubungan antara perusahaan asuransi dan bank kain lengket saja. Hal ini terlihat dari pertumbuhan jalur tenaga pemasar dari bancassurance. Industri asuransi terbilang masif menambah jumlah agennya. Bahkan, Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) gencar mengkampanyekan program 10 juta agen. Meski giat menambah jumlah agen, namun pertumbuhan saluran pemasaran dari tenaga pemasar bancassurance justru mengalahkan kontribusi dari agen bersertifikat. Sebagai gambaran, tahun lalu, tenaga pemasar bancassurance mencapai 23.643 orang atau tumbuh 251,9% jika dibandingkan tahun 2014. Memang, jika dibandingkan dengan agen tenaga agen bersertifikat, jumlah tersebut masih kalah jauh.
Tenaga pemasar bancassurance naik 251,9% di 2015
JAKARTA. Hubungan antara perusahaan asuransi dan bank kain lengket saja. Hal ini terlihat dari pertumbuhan jalur tenaga pemasar dari bancassurance. Industri asuransi terbilang masif menambah jumlah agennya. Bahkan, Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) gencar mengkampanyekan program 10 juta agen. Meski giat menambah jumlah agen, namun pertumbuhan saluran pemasaran dari tenaga pemasar bancassurance justru mengalahkan kontribusi dari agen bersertifikat. Sebagai gambaran, tahun lalu, tenaga pemasar bancassurance mencapai 23.643 orang atau tumbuh 251,9% jika dibandingkan tahun 2014. Memang, jika dibandingkan dengan agen tenaga agen bersertifikat, jumlah tersebut masih kalah jauh.