Tensi Rusia-Ukraina Mereda, Kurs Rupiah Menguat Bersama Mata Uang Asia



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Nilai tukar rupiah masih kokoh menguat terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada Rabu (30/3) siang. Pukul 11.50 WIB, kurs rupiah spot menguat 0,12% ke Rp 14.353 per dolar AS.

Penguatan kurs rupiah ini menyempit ketimbang posisi tadi pagi. Rupiah sempat menguat hingga ke Rp 14.339 per dolar AS di awal perdagangan tadi pagi.

Prospek kesepakatan damai antara Rusia dan Ukraina menumbuhkan minat investor pada aset berisiko. Investor pun meninggalkan safe haven dan menuju aset berisiko, termasuk rupiah. 

Baca Juga: Kurs Rupiah Menguat 0,17% Terhadap Dolar AS pada Rabu (30/3) Pagi

"Kabar akan kemungkinan gencatan senjata di Ukraine menyebabkan aset berisiko diminati dan akan positif bagi harga aset emerging markets Asia," kata Khoon Goh, head of Asia research ANZ di Singapura kepada Bloomberg.

Goh menambahkan, mata uang yang sensitif terhadap saham seperti won dan dolar Taiwan akan diuntungkan oleh masuknya dana asing. "Penurunan harga minyak juga akan membawa perbaikan nilai tukar bagi importir minyak seperti rupee," imbuh dia.

Baca Juga: IHSG Menguat ke 7.036 Pada Akhir Perdagangan Sesi I, Rabu (30/3)

Siang ini, seluruh mata uang Asia menguat terhadap dolar AS. Yen memimpin penguatan sebesar 0,89% disusul won 0,88% dan dolar Taiwan 0,84%.

Sementara kurs dolar melemah dalam dua hari terakhir. Indeks dolar yang mencerminkan nilai tukar dolar AS terhadap mata uang utama dunia melemah ke 98,23 dari posisi kemarin 98,40.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati