KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten produsen air minum, PT Sariguna Primatirta Tbk (CLEO) berkomitmen menerapkan prinsip bisnis berkelanjutan yang memperhatikan lingkungan hidup, sosial, dan tata kelola atau ESG (Enviromental, Social, Governance). Komitmen ini salah satunya direalisasikan lewat pemasangan panel surya untuk Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap di sejumlah pabriknya yang ada di Indonesia. Hingga awal tahun 2023, sudah ada delapan parrik yang dipasang panel surya. Delapan pabrik tersebut terletak di Pandaan, Bojonegoro, Kediri, Ngoro, Cirebon, Citeureup, Gunung Sindur dan Kudus. Dengan pengoperasian PLTS Atap ini, Perseroan berhasil menghemat 5.689.727 kwh setiap tahunnya.
Baca Juga: CLEO Menjadi Perusahaan AMDK Terbanyak Pasang Panel Surya di Indonesia Wakil Direktur Utama PT Sariguna Primatirta Tbk Melisa Patricia menyatakan bahwa setelah delapan pabrik, CLEO akan kembali memasang PLTS Atap di 6 pabriknya yang terletak di Banjarmasin, Makassar, Medan, Balikpapan, Palangkaraya dan Palembang. Dengan begitu, CLEO akan menjadi perusahaan produsen Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) yang paling banyak memasang panel surya di Indonesia. "Dengan pemasangan PLTS Atap di pabrik-pabrik milik CLEO ini, kami berharap dapat membantu upaya pemerintah untuk mencapai target bauran Energi Baru dan Terbarukan (EBT) di Indonesia sebesar 23% pada tahun 2025 dan mencapai net-zero carbon emission pada tahun 2060,” ujar Melisa, dalam siaran pers yang diterima Kontan.co.id, kemarin. Lebih jauh, dia menjelaskan perhatian CLEO untuk terciptanya lingkungan hidup, sosial, dan tata kelola yang lebih baik, adil dan bertanggung awab telah ada bahkan sejak awal pendirian CLEO. Hal itu berwujud dalam bentuk komitmen para pendiri perusahaan, bahwa CLEO selalu memperhatikan kualitas air murni yang dihasilkan maupun kualitas kemasan yang digunakan. Dengan komitmen yang kuat untuk menerapkan prinsip ESG di berbagai aspek bisnis yang dimiliki, lanjut Melisa, CLEO telah membangun jaringan distribusi yang kuat di berbagai kota yang tersebar di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali, dan Nusa Tenggara. Selain itu, CLEO juga gencar meluncurkan inovasi produk-produk baru untuk dapat memenuhi kebutuhan produk air minum dalam kemasan dari segmen yang berbeda-beda. Produk-produk CLEO untuk memenuhi kebutuhan segman yang berbeda tersebut meliputi; Cleo Mini, Cleo Classic, Cleo Eco Shape, Cleo Gallon, Cleo Bottle,Cleo Cup, Cleo Sport, Cleo Platine, Cleo Eco Green, Cleo Glass, air mineral SuperO2, dan SuperO2 Sportivo. "Untuk semakin menunjukkan komitmen, bahwa Perseroan akan terus hadir mendukung ketersediaan air minum yang murni dan sehat, CLEO akan segera meluncurkan kemasan baru," tuturnya.
Baca Juga: Sariguna Primatirta (CLEO) Optimistis Target Kinerja Tahun 2022 Tercapai Sementara itu Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa CLEO yang digelar tanggal 25 Januari 2023, menyetujui rencana Perseroan untuk menjaminkan sebagian besar aset kepada bank dan atau lembaga keuangan lain sesuai dengan pasal 10 ayat 4 Anggaran Dasar Perseroan sebagaimana relevan dengan mengacu kepada ketentuan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan dan atau Peraturan Perundang-undangan terkait. Hal ini sesuai dengan rencana CLEO untuk terus tumbuh dan berkembang di masa mendatang. Selain itu, RUPSLB juga menyetujui perubahan pasal 15 ayat 7 Anggaran Dasar Perseroan untuk disesuaikan dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 14/POJK.04/2022 tentang Penyampaian Laporan Keuangan Berkala Emiten atau Perusahaan Publik. Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Herlina Kartika Dewi