Teras Kapal BRI mulai beroperasi April 2015



JAKARTA. PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk akan memulai layanan perbankan menggunakan moda transportasi laut. Moda bernama Teras Kapal BRI "Bahtera Seva I" ini rencananya dioperasikan pada April 2015.

Sekretaris Perusahaan BRI, Budi Satria mengungkapkan, dengan diluncurkannya layanan Teras BRI ini, membuat BRI menjadi bank pertama di Indonesia yang mengoperasikan layanan micro banking di atas kapal. 

"Layanan tersebut adalah lompatan besar dalam dunia keuangan,” kata Budi dalam rilisnya, Rabu (4/3). Teras BRI Kapal, lanjut Budi, juga menjadi upaya Bank BRI untuk mengedukasi atau melakukan literasi keuangan kepada masyarakat pesisir dan kepulauan.


Sebagai tahap awal, operasional Teras BRI Kapal ini rencananya akan ditempatkan di daerah Kepulauan Seribu. Ke depan, tidak tertutup kemungkinan Bank BRI untuk membangun Teras BRI Kapal lainnya untuk wilayah pesisir dan kepulauan di luar Kepulauan Seribu. 

Teras BRI Kapal ini akan melayani produk pinjaman kepada sektor usaha mikro, simpanan, transfer, jasa pembayaran dan jasa bank lainnya.

Selain itu, dalam rangka mendukung program layanan keuangan tanpa kantor bank (branchless banking) BRI melalui "BRILink" juga akan menjadikan nasabah Bank BRI di Kepulauan Seribu sebagai kepanjangan tangan Bank BRI dalam memberikan layanan bank (agen bank) kepada masyarakat. 

"Implementasi produk dan layanan tersebut akan disertai dengan pemberian edukasi dan literasi terlebih dahulu agar masyarakat dapat lebih memahami dan memanfaatkan produk dan layanan bank melalui Teras BRI Kapal," jelas Budi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Hendra Gunawan